Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sentra Kesehatan Gratis Dibuka di Rorotan Jakarta Utara

Untuk meningkatkan kesehatan penduduk di sekitar Kec. Cilincing, Perusahaan Jakarta Utara, PTT Exploration and Production Public Company Limited (PTTEP), perusahaan minyak nasional asal Thailand, dan Dompet Dhuafa menghadirkan sentra promosi kesehatan masyarakat, Gerai Sehat Rorotan, di Jl. Malaka 1 No. 25 RT.09 RW.12, Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.
Bisnis.com, JAKARTA -- Untuk meningkatkan kesehatan penduduk di sekitar Kec. Cilincing, Perusahaan Jakarta Utara, PTT Exploration and Production Public Company Limited (PTTEP), perusahaan minyak nasional asal Thailand, dan Dompet Dhuafa menghadirkan sentra promosi kesehatan masyarakat, Gerai Sehat Rorotan, di Jl. Malaka 1 No. 25 RT.09 RW.12, Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.
 
Tujuan utamanya adalah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Indonesia khususnya di Cilincing dan membantu pencapaian program pemerintah tentang kesehatan nasional.
 
Senior Vice President PTTEP, Vinit Hansamuit mengatakan pelaksanaan kegiatan promosi kesehatan itu merupakan salah satu aktivitas CSR dari group PTT.
 
Keunikan dari program ini adalah, sentra promosi kesehatan masyarakat ini akan mengimplementasikan 4 macam pendekatan yang meliputi promosi kesehatan (preventif promotif), pengobatan (kuratif), rehabilitatif dan pemberdayaan kesehatan masyarakat, dalam bentuk sentra promosi kesehatan masyarakat yaitu Gerai Sehat Rorotan, kegiatan kunjungan ke rumah dan layanan sehat keliling (mobile health service)."
 
"Kami percaya bahwa setiap orang tanpa memandang status sosial ekonomi layak untuk menerima pelayanan kesehatan yang berkualitas, dan untuk alasan itulah yang mendasari niat baik PTTEP mendirikan sentra promosi kesehatan masyarakat cuma-cuma ini," ungkap Vinit.
 
Sementara itu, Presiden Direktur Dompet Dhuafa, Ahmad Juwaini, mengatakan berbagai permasalah kesehatan di kawasan tersebut, Dompet Dhuafa bersama PTTEP menghadirkan Gerai Sehat Rorotan untuk memberikan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat miskin dan dhuafa secara cuma cuma. "Kerjasama jangka panjang ini bertujuan untuk membangun kesehatan masyarakat di kawasan tersebut dengan pendekatan holistik melalui Gerai Sehat Rorotan, ungkap Ahmad dalam rilisnya.
 
Pada tahun pertama, GS Rorotan akan memberikan layanan kesehatan untuk warga dhuafa mencakup Unit Gawat Darurat, Poli Umum, Poli Gigi, Poli Kesehatan Ibu dan Anak, Laboratorium, Farmasi, dan layanan promosi kesehatan. Sedangkan, layanan spesialis seperti penyakit dalam akan dimulai pada tahun kedua. Kerjasama tersebut akan terjalin selama lima tahun kedepan.
 
Sedangkan untuk tahun ketiga akan dikembangkan layanan unit gawat darurat 24 jam dan perawatan luka. Tahun keempat layanan akan bertambah meliputi poli saraf dan kulit, serta di tahun kelima akan ada unit layanan VCT HIV-AIDS dan Imunisasi. Gerai Sehat Rorotan diharapkan dapat menjadi Sentra Promosi Kesehatan berbasis Masyarakat dengan membangun kemitraan, memfasilitasi terbentuknya komunitas sehat, pendekatan dokter keluarga, serta penguatan peran masyarakat.
 
Untuk program Gerai Sehat Rorotan, Dompet Dhuafa menyalurkan dana CSR PTTEP untuk selama 5 tahun mencapai Rp36 miliar.
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Efita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper