Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pelaku Usaha Harus Anggap Konsumen Sebagai Teman

Di tengah persaingan yang kian ketat, pelaku usaha harus terus melakukan sejumlah strategi dan inovasi, tidak hanya dari sisi produk tetapi juga pelayanan kepada konsumen.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 14 April 2015  |  09:04 WIB
Pelaku Usaha Harus Anggap Konsumen Sebagai Teman
Founder & CEO of MarkPlus Hermawan Kartajaya - bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Di tengah persaingan yang kian ketat, pelaku usaha harus terus melakukan sejumlah strategi dan inovasi, tidak hanya dari sisi produk tetapi juga pelayanan kepada konsumen.

Pakar Marketing dari Marplus Inc Hermawan Kartajaya mengatakan pada era keterbukaan informasi ini, pelaku usaha tidak bisa lagi menjadikan konsumen sebagai target atau sebagai raja, tetapi sebagai teman.

"Customer tidak lagi mau diperlakukan sebagai king yang dilayani, tetapi harus dijadikan sebagai friend. Ini era 3.0. Dan kalau sudah wow, mereka akan suka rela melakukan advokasi, rekomendasi kepada orang lain," ujarnya kepada Bisnis.

Meski demikian, pelaku usaha harus tetap memperhatikan kualitas produk. Selain itu melakukan inovasi terus menerus sehingga tetap unggul dibandingkan pelaku usaha sejenis.

Hal yang juga tak kalah penting ialah memberikan value atau nilai lebih untuk setiap produk yang dijual. Dengan demikian, harga bukan lagi menjadi pertimbangan utama konsumen.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top