Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ikuti Kontes Wirausaha Diplomat Success Challenge 2015

Wismilak Diplomat dan Wismilak Foundation kembali menggelar kompetisi wirausaha Diplomat Success Challenge (DSC) 2015.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA– Wismilak Diplomat dan Wismilak Foundation kembali menggelar kompetisi wirausaha Diplomat Success Challenge (DSC) 2015. Program ini resmi diluncurkan pada hari ini ditandai dengan dibukanya pendaftaran bagi para calon peserta melalui website www.wismilak-diplomat.com.

Dalam kompetisi bertema “Tantangan Untuk Menguji Karakter Suksesmu” itu, total hadiah yang diberikan kepada pemenang dua kali lipat lebih besar dibanding tahun lalu. Hadiah modal usaha yang disediakan mencapai Rp2 miliar.

“Diplomat Success Challenge adalah Program Kompetisi Wirausaha dengan total hadiah modal usaha terbesar di Indonesia, yang sepenuhnya diberikan dalam bentuk hibah dan bukan pinjaman yang harus dikembalikan,” kata Surjanto Yasaputera selaku Chief Board of Commissioner Wismilak DSC, di Jakarta, Selasa (12/5/2015).

Dia menyatakan kegiatan yang dimulai sejak 2010 tersebut digelar untuk mendorong tumbuhnya wirausaha nasional, terutama kalangan muda. Rentang usia yang diperbolehkan ikut lomba yakni dari usia 20-45 tahun.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, jumlah wirausahawan di Indonesia baru mencapai 1,65%, masih di bawah Singapura yang mencapai 7%, Malaysia 5%, dan bahkan di bawah Thailand yang mencapai 3%.

Surjanto menyatakan DSC terbuka kepada wirausahawan maupun calon wirausaha muda potensial.

“Program ini membuka peluang bagi wirausaha dan calon wirausaha yang mungkin saat ini masih bekerja profesional dan berminat untuk berwirausaha tapi terhambat masalah permodalan.”

Para peminat diminta mengirimkan rencana usaha atau “business plan” yang formatnya dapat diunduh di situs website pada periode mulai 12 Mei 2015 hingga 12 Juli 2015 pukul 23.59 WIB.

Kelengkapan yang diminta dalam business plan antara lain jenis usaha, pemahaman terhadap lanskap industri, target pasar, rencana pemasaran, rencana produksi, rencana keuangan serta proyeksi keuntungan dan pertumbuhan usaha.

Sebanyak 90 peserta yang lolos seleksi akan diminta mempresentasikan bussiness plan-nya di depan juri dan menjalani tahapan audisi. Tiga kota dipilih sebagai lokasi audisi yakni Bandung untuk peserta dari Sumatera, Kepulauan Riau, DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Kota kedua yakni Yogyakarta untuk peserta dari Kalimantan, DI Yogyakarta dan Jawa Tengah. Adapun kota ketiga yakni Surabaya akan dipusatkan untuk peserta dari Sulawesi, Jawa Timur dan Indonesia Timur.

Seluruh penilaian dalam tahapan seleksi DSC 2015 dari awal sampai akhir didasarkan pada kemampuan peserta untuk mengaplikasikan 3P yaitu; paham (pengetahuan bisnis), piawai (kemampuan menjalankan bisnis) dan persona (karakter sebagai wirausaha).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper