Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cukup dengan Rp5,2 Juta Bisa Jadi Mitra Minuman Tradisional Mc Doger

Minuman khas Indonesia lainnya yang ditawarkan peluang bisnisnya melalui kemitraan adalah es doger. Muhammad Nor melihat peluang bisnis yang besar dari bisnis es doger yang diberi nama Mc Doger.
Nenden Sekar Arum
Nenden Sekar Arum - Bisnis.com 19 Mei 2015  |  14:01 WIB
Ilustrasi kemitraan Mc Doger - mcdoger.com
Ilustrasi kemitraan Mc Doger - mcdoger.com

Bisnis.com, JAKARTA - Minuman khas Indonesia lainnya yang ditawarkan peluang bisnisnya melalui kemitraan adalah es doger. Muhammad Nor melihat peluang bisnis yang besar dari bisnis es doger yang diberi nama Mc Doger.

Pria kelahiran 1985 itu memulai bisnisnya pada Juni 2012 di Balikpapan, karena banyaknya permintaan dari mitra untuk membuka cabang di daerahnya, sehingga dia memutuskan untuk menawarkan konsep kemitraan.

Saat ini, Mc Doger sudah memiliki outlet yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, seperti di Kalimantan, Sulawesi Jawa, Sumatra dan Nusa Tenggara.

Mc Doger menawarkan tiga paket kemitraan, yakni paket booth alumunium dengan nilai investasi Rp5,2 juta, paket booth protable senilai Rp7,3 juta, dan paket booth eksklusif senilai Rp10,7 juta.

Masing-masing paket investasi tersebut dibedakan oleh jenis dan desain booth yang digunakan untuk berjualan, sedangkan semua jenis paket sudah dilengkapi dengan peralatan dan perlengkapan operasional.

Sementara itu, mitra harus menyiapkan bahan-bahan produk yang tidak dipasok langsung oleh manajemen pusat, seperti sirup, susu, ketan hitam, alpukat, roti dan keju.

“Manajemen pusat memasok santan bubuk dan stiker untuk gelas Mc Doger, mitra harus memesan bahan tersebut minimal lima bungkus dan dilakukan minimal lima hari sebelum perkiraan bahan habis,” katanya.

Mitra juga akan mendapatkan panduan dan penjelasan prosedur operasional standar dalam bentuk CD yang bisa dipelajari secara mandiri.

“Cara mengolah dan menyajikan es doger sangat mudah dan bisa dipelajari, selain itu bahan-bahan lainnya juga mudah ditemukan baik di pasar tradisional maupun supermarket,” paparnya.

Meskipun mudah, mitra harus bisa memastikan es doger yang disajikan harus menarik dan menggugah selera konsumen dengan penataan topping, roti, keju dan meises atau butiran cokelat.

Mitra diperbolehkan menentukan harga jual sesuai dengan daya beli masyarakat di lokasinya, bahkan bisa menaikkan harga lebih tinggi jika membuka outlet di mal atau pusat perbelanjaan.

Setelah melakukan pembayaran investasi, membutuhkan waktu hingga dua pekan untuk diproses hingga pengiriman peralatan sampai ke lokasi mitra.

Adapun, menu es doger yang disediakan Mc Doger ada lima macam, yaitu Mc Doger Standart, Mc Doger Special Fruit, Mc Doger Spesial Choco, Mc Doger Mantap dan Mc Doger Duren.

Mitra yang telah bergabung diproyeksikan bisa segera balik modal dalam waktu paling cepat satu bulan. Asumsinya, mitra bisa menjual 100 Mc Doger Standar seharga Rp6.000 per porsi, sehingga omzet yang diraup dalam sebulan bisa mencapai Rp18 juta, dengan laba bersih mencapai 40%.

“Mitra juga bisa meraup lebih banyak omzet dengan memberikan menu atau paket pada acara-acara khusus seperti pernikahan atau pesta ulang tahun,” paparnya.

Nor optimistis bisnisnya masih memiliki prospek yang cerah, apalagi bisnis kuliner tidak akan pernah mati asalkan bisa terus berinovasi baik dari segi rasa hingga tampilan penyajian.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemitraan
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top