Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis Kemasan Kardus Ternyata Beromzet Puluhan Juta

Para pedagang tentu saja menginginkan konsumen menerima produknya dalam kondisi baik, meskipun produk tersebut dikirim dari luar kota sampai ke lokasi pembeli.nn
Tumpukan kardus/Ilustrasi-Bisnis
Tumpukan kardus/Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Kebutuhan atau kemasan produk yang setiap hari semakin meningkat, seiring bertumbuhnya jumlah wirausahawan di Indonesia membuat para pembuat kemasan khususnya kardus banyak dicari. Hal itu menjuadi peluang bisnis yang besar juga menguntungkan.

Salah seorang pelaku usaha yang sudah melihat prospek bisnis ini sejak tiga tahun lalu adalah Fikry Kurniawan yang menerima pemesanan kardus kemasan untuk berbagai produk dan keperluan.

Pria asal Yogyakarta tersebut memulai bisnis jasa pembuatan kemasan kardus diawali dari kebutuhannya sendiri sebagai penjual barang secara online. Karena sering memesan kardus, dia pun merasa ada peluang yang besar dari bisnis ini.

Bermodal kurang dari Rp5 juta dan bekerja sama dengan seorang produsen kardus, dia pun menjajal peruntungan dari bisnis jasa pembuatan kardus kemasan.

Fikry menjalankan bisnis dengan kemampuannya mendesain, sehingga dia bisa menerima berbagai macam bentuk kemasan dan desain sablon yang diinginkan konsumen.

“Banyak kardus kemasan yang berkualitas baik, tetapi jarang diimbangi dengan desain dan model yang baik, padahal desain bisa menjadi daya tarik tersendiri dan memberi nilai tambah pada produk,” katanya.

Setidaknya ada dua macam kardus yang diproduksi pria berumur 31 tahun itu, yakni kardus karton untuk mengemas berbagai macam barang, serta dus suvenir sebagai kemasan cenderamata.

Setiap kardus yang diproduksinya tersebut dibanderol mulai dari Rp1.000 hingga Rp5.000 per buah, dengan minimal pemesanan 100 buah untuk model sederhadana, dan 1.000 buah untuk model yang lebih kompleks.

“Kardus dengan model kotak biasa lebih murah, dibandingkan kardus dengan desain khusus, seperti yang membutuhkan lekuk, lipatan atau lubang,” katanya.

Sementara itu, untuk proses pembutannya membutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga pekan sampai produk siap dikirim ke lokasi konsumen. Lama waktu tersebut juga ditentukan dari panjangnya antrean produksi kardus yang masuk ke tempatnya.

Agar bisnisnya lebih terarah, Rifky fokus memasarkan jasanya dengan model business-to-business (B2B). Dia bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan dari skala kecil dan menengah, sehingga pesanannya bisa lebih berkesinambungan.

Selain itu, Rifky juga menyediakan layanan tambahan berupada jasa pembuatan desain bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang belum memiliki desain atau logo untuk disablon dalam kemasannya.

Dari bisnis yang dipasarkan secara online melalui situs jualkardus.com tersebut, Rifky mengaku bisa meraup omzet hingga Rp30 juta dalam sebulan. Jumlah tersebut berpotensi terus meningkat seiring dengan terus tumbuhnya permintaan.

Untuk memperluas pasar konsumen, dia pun berencana untuk mengembangkan produknya, mulai dari inovasi penggunaan bahan kardus, hingga pembuatan kemasan dalam model lain.

“Saya bercita-cita membuat one-stop-service untuk pembuatan kemasan, mulai dari penggunaan kardus, paperbag hingga kantong plastik,” katanya.

Rifky mengaku jumlah pemain dalam bisnis ini sudah banyak, dan persaingan juga cukup ketat. Untuk itu, strategi yang bisa dilakukan agar tetap bisa mendapatkan pasar adalah dengan memaksimalkan pelayanan.

“Harganya tetap bersaing, karena tidak mungkin kasih harga yang lebih murah. Strateginya dengan memberikan pelayanan yang ramah dan cepat kepada konsumen,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper