Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasarkan Produk Olahan Ceker Ayam Secara Online

Prospek bisnis dari penjualan olahan ceker ayam memang dinilai cerah. Terbukti dari banyaknya pelaku usaha yang memanfaatkan peluang bisnis kuliner ini.
Kerupuk ceker ayam/Istimewa
Kerupuk ceker ayam/Istimewa

Bisnis.cm, JAKARTA -- Prospek bisnis dari penjualan olahan ceker ayam memang dinilai cerah. Terbukti dari banyaknya pelaku usaha yang memanfaatkan peluang bisnis kuliner ini.

Salah satu pemain baru yang melirik bisnis ini adalah Lintang Lembayung. Perempuan asal Yogyakarta tersebut memproduksi balado ceker ayam pedas dengan nama Ceker Setan.

Lintang mengawali bisnis ini dengan modal awal sekitar Rp200.000, yang digunakan untuk membeli 10 kg ceker ayam, cabe rawit dan bumbu-bumbu lainnya. Sekarang, dia bisa menjual hingga 45 porsi yang ludes dalam 2 jam.

 

Adapun, setiap porsi Ceker Setan yang berisi sekitar 7-8 ceker ayam dijual dengan harga Rp10.000, dan porsi isi 25 ceker dengan harga Rp25.000.

Ibu rumah tangga ini mengatakan rasa pedas yang menggigit dari olahan ceker ayamnya merupakan hal yang sangat dicari konsumen. Dia mengolah Ceker Setan dengan komposisi 10 kg ceker ayam, ditambah 1 kg cabe rawit, dan 1/4 kg cabe merah.

Selama ini, Lintang memproduksi ceker ayam dengan metode made by order, atau hanya dibuat jika ada pesanan, sehingga ceker yang diproduksinya selalu diterima konsumen dalam keadaan hangat dan segar.

Selain itu, dia juga menggunakan teknik khusus dalam pengolahan ceker ayam. Menurutnya, supaya tidak berbau apek, ceker ayam harus direbus minimal dua kali. Rebusan pertama berfungsi untuk membersihkan ceker, dan rebusan kedua baru digunakan untuk mengolah ceker. 

Sementara itu, proses pemasaran dilakukan seluruhnya secara online, melalui forum jual beli online serta memanfaatkan fasilitas aplikasi pesan singkat.

"Biasanya konsumen pesan lewat BBM atau telepon setelah melihat informasi postingan di forum. Pemesanan harus dilakukan sehari sebelumnya," katanya.

Pekerja Kantoran

Lintang mengatakan mayoritas konsumennya saat ini adalah para pekerja kantoran yang sangat menyukai makanan pedas. Mereka selalu memesan, untuk diantar keesokan harinya sebelum jam makan siang.

Selain dijual secara online, setiap minggu dia selalu membuka lapak di bazar Sunday Morning di kawasan Universitas Gadjah Mada, juga memberikan pelayanan delivery service gratis untuk pemesanan minimal Rp50.000.

Selama menjalani bisnisnya ini, dia mengaku masih terkendala dari kapasitas produksi yang terbatas, karena kurangnya tenaga kerja.

"Saat ini semuanya saya sendiri yang mengerjakan, dan dibantu suami untuk kirim-kirim pesanan," paparnya.

Di sisi lain, harga cabe yang fluktuatif kerap kali membuat dirinya was-was, karen Ceker Setan sangat bergantung pada cabai. Meski harga cabe melangit, Lintang tetap berusaha untuk bisa memberikan kualitas Ceker Setan dengan rasa pedas yang nendang.

"Kalau cabai-nya dikurangi, konsumen pasti komplain. Jadi lebih baik mengurangi margin keuntungan dari pada kehilangan pelanggan," papar ibu yang mengaku hobi masak ini.

Melihat respons pasar yang sangat baik terhadap produk olahan cekernya, Lintang melihat prospek dalam bisnis ini cukup cerah, apalagi belum banyak pemain lain di Yogyakarta yang juga memberikan pelayanan secara online.

Untuk itu, dalam waktu dekat dia berencana untuk mulai melakukan ekspansi dengan membuka booth serta kedai yang akan menyajikan berbagai menu olahan ceker ayam.

"Sekarang sedang pesan booth dan menunggu barangnya jadi, sambil mencari lokasi yang cocok untuk buka kedai," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper