Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Yayasan Danamon Peduli Gelar Festival Pasar Rakyat

Yayasan Danamon Peduli melalui kampanye nasional bertajuk Jelajah Pasar Rakyat Nusantara menggelar Festival Pasar Rakyat sebagai wujud dukungan terhadap keberadaan dan perkembangan pasar tradisional di Indonesia.
Bank Danamon/Bisnis.com
Bank Danamon/Bisnis.com
Bisnis.com, JAKARTA - Yayasan Danamon Pedulimelalui kampanye nasional bertajuk Jelajah Pasar Rakyat Nusantara menggelar Festival Pasar Rakyat sebagai wujud dukungan terhadap keberadaan dan perkembangan pasar tradisional di Indonesia.
 
Festival Pasar Rakyat kembali diselenggarakan di Pasar Ngasem di Kota Yogyakarta, yang merupakan keempat kalinya Festival Pasar Rakyat dilaksanakan sekaligus untuk turut memeriahkan Hari Ulang Tahun Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang ke-259.
 
Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli Restu Pratiwi mengatakan keberadaan pasar rakyat sering luput dari perhatian kita, meskipun pasar rakyat merupakan aset bangsa yang besar nilai dan perannya.
 
Selain sebagai penyedia kebutuhan untuk masyarakat, pasar juga terbukti mampu menyediakan lapangan pekerjaan serta menghidupkan perekonomian lokal.
 
"Permasalahan yang timbul di pasar rakyat bukan hanya pekerjaan rumah pemerintah saja, namun tanggung jawab kita semua. Dengan semangat gotong royong kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengurai permasalahan tersebut dan memajukan pasar rakyat bersama-sama," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com, Senin (5/10/2015).
 
Kegiatan Festival Pasar Rakyat merupakan bentuk aksi nyata dari upaya Danamon dalam mendukung promosi pasar yang digelar di 12 kota di Indonesia.
 
Hingga saat ini, Pasar Festival Rakyat telah diselenggarakan di Pasar Rau, Serang - Banten, Pasar Kembang, Surabaya Jawa Timur dan Pasar Baru, Kota Probolinggo - Jawa Timur.
 
Untuk penyelenggaraan kegiatan promosi Pasar Rakyat, Danamon Peduli memberikan dukungan lebih dari Rp1 miliar untuk perbaikan fisik pasar dan pengembangan pengetahuan pengelolaan keuangan kepada para pedagang.
 
"Aksi nyata Danamon melalui Yayasan Danamon Peduli dapat dilihat dari program kerja kami yang berorientasi pada revitalisasi pasar rakyat bernama Program Pasar SEJAHTERA (Sehat, Hijau, Bersih, Terawat) dimana kami memberikan pendampingan teknis pada aspek fisik dan non fisik," kata Restu.
 
Dalam acara Festival Pasar Rakyat di Pasar Ngasem, Yogyakarta ini, lanjutnya, juga ditandatangani nota kesepakatan kerjasama (MoU) dengan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam program revitalisasi pasar rakyat sebagai pasar percontohan di salah satu pasar di Yogyakarta.
 
Kampanye Nasional Jelajah Pasar Rakyat Nusantara yang digagas oleh Danamon Peduli saat ini merupakan satu-satunya gerakan yang secara khusus mempromosikan pasar rakyat di Indonesia.
 
"Melalui kegiatan Festival Pasar Rakyat, Danamon Peduli berupaya membuktikan bahwa pasar rakyat merupakan ruang publik yang kreatif, edukatif dan berbudayaserta lebih dari sekadar tempat transaksional semata," ucapnya.
 
Restu menambahkan dalam rangkaian kegiatan Festival Pasar Rakyat di Pasar Ngasem ini, para pedagang pasar dan golongan muda dari pelajar SD hingga SMA akan menunjukkan kemampuannnya dalam menari dan bermain musik dengan didukung oleh koreografer dari Sanggar Seni Kinanthi Sekar.
 
Kolaborasi lintas profesi dan usia tersebut menjadi simbol semangat gotong royong untuk bekerja sama memajukan pasar rakyat. Sanggar Seni Kinanthi Sekar menjadi relawan dan mendukung kampanye Jelajah Pasar Rakyat Nusantara.
 
Selain itu, untuk mengimbau agar golongan muda dan masyarakat mengambil peran dalam kegiatan Festival Pasar Rakyat ini, Danamon Peduli memfasilitasi lomba foto bertema kuliner pasar untuk pelajar dan mahasiswa, lomba masak, lomba melukis tong sampah, lomba lukis caping, panggung hiburan dengan aneka hadiah serta talkshow dan kegiatan literasi keuangan untuk komunitas pasar.
 
"Khusus untuk mengangkat kekayaan kuliner yang erat kaitannya dengan komoditas yang ada di pasar, Danamon Peduli menghadirkan Zidan, Junior Masterchef Indonesia yang berusia 14 tahun sebagai relawan khusus membahas warisan kuliner lokal," ucap restu.
 
Muliadi Rahardja, Wakil Direktur Utama Danamon menuturkan melihat pentingnya fungsi pasar di dalam perekonomian, Danamon Simpan Pinjam (DSP), yang merupakan unit usaha mikro Danamon, berkomitmen untuk membantu perkembangan usaha para pedagang pasar melalui layanan perbankan yang mudah dijangkau.
 
Dengan pengalaman selama lebih dari 11 tahun bermitra dengan para pedagang pasar, lanjutnya, fungsi Danamon Simpan Pinjam bukan hanya menyentuh para pedagang pasar sebagai nasabah saja namun juga merangkulsebagai penggerak perekonomian.
 
Melalui Danamon Simpan Pinjam, tambahnya,"Kami juga memberikan bantuan program edukasi dengan nama Pojok BISA dan ditujukan untuk memberikan tambahan pengetahuan dalam perencanaan keuangan bagi mitra pedagang pasar..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper