Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jonan: Jika Anda Pasif, Anda Tak Cocok Jadi Pemimpin

Strategi kepemimpinan Ignasius Jonan banyak meninggalkan jejak positif di PT Kereta Api Indonesia hingga saat ini pun dia masih dijadikan acuan oleh banyak pimpinan di BUMN itu termasuk Direktur Sumber Daya Manusia Umum dan Teknologi Informasi M. Kuncoro Wibowo.
Ignasius-Jonan/DPE
Ignasius-Jonan/DPE

Bisnis.com,JAKARTA- Strategi kepemimpinan Ignasius Jonan banyak meninggalkan jejak positif di PT Kereta Api Indonesia hingga saat ini pun dia masih dijadikan acuan oleh banyak pimpinan di BUMN itu termasuk Direktur Sumber Daya Manusia Umum dan Teknologi Informasi M. Kuncoro Wibowo.

Dalam seminar Strategi Kepemimpinan di Tengah Krisis yang diselenggarakan Sekolah Tinggi PPM, beberapa kali Kuncoro memaparkan cerita mengenai kepemimpinan Menteri Perhubungan tersebut saat menakhodai PT KAI.

“Salah satu ucapannya yang saya ingat, Jonan pernah mengatakan jika kamu adalah seorang orator yang baik, hal itu membantu. Jika kamu memiliki empati, hal itu sangat membantu gaya kepemimpinan kamu. Tapi jika kami tidak menunjukkan contoh atau menjadi pasif, artinya kamu tidak cocok menjadi pemimpin,” ujarnya, Sabtu (10/10/2015).

Menurut Kuncoro, selama memimpin KAI, Jonan kerap menunjukkan contoh seperti melakukan tugas dan tanggung jawab di stasiun dan kereta pada saat piket akhir pekan dan hari raya. Hal itu juga diteruskan olehnya di lingkungan Kementerian Perhubungan.

Ignasius Jonan sebenarnya dijadwalkan menjadi pembicara dalam seminar tersebut. Akan tetapi dia kemudian batal menghadiri acara itu dan digantikan oleh Kuncoro, karena mesti menemani Presiden Joko Widodo dalam kunjungan ke Padang, Sumatra Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper