Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tambang Emas Martabe Gelar Operasi Katarak. Ini Jadwalnya

Tambang Emas Martabe akan mulai menggelar pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis pada akhir pekan ini
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, MEDAN - Tambang Emas Martabe akan mulai menggelar pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis pada akhir pekan ini. Berikut jadwalnya.

Kegiatan akan dimulai dengan tes pemeriksaan ketajaman penglihatan yakni pada Sabtu pagi, 21 November 2015 pukul 08.00-16.00 WIB di beberapa tempat yakni Puskesmas Rawat Inap Batangtoru, Kodim 0210/TU Tarutung, dan Kodim 0207/SML Pematang Siantar.

Selanjutnya, kegiatan serupa akan dilakukan pada 22-23 November 2015 masing-masing di Kodim 0211/TT Sibolga dan Kodim 0212/TS Padang Sidempuan.

Untuk operasi katarak, akan mulai dilaksanakan pada Minggu, 22 November 2015 di Puskesmas Rawat Inap Batangtoru pada pukul 08.00-16.00 WIB. Adapun, operasi yang sama akan kembali dilanjutkan pada 24-26 November 2015 di RS DAM I-TNI Padang Sidempuan, Tapanuli Selatan dan pada 29-1 Desember 2015 di RS Tentara Pematang Siantar.

Sebelumnya, Presiden Direktur G-Resources Tambang Emas Martabe Tim Duffy menuturkan, pemeriksaan mata dan operasi katarak dipilih menjadi kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan karena berdasarkan data Kementerian Kesehatan, pada tahun lalu katarak menjadi salah satu penyebab kebutaan utama di Indonesia, bahkan dunia.

Adapun, penduduk Indonesia yang memiliki kecenderungan katarak 15 tahun lebih cepat daripada penduduk negara subtropis. Di Sumut, diperkirakan terdapat 170.000-200.000 kebutaan akibat katarak.

Katarak sendiri dapat disembuhkan melalui operasi. Namun, jumlahnya tak melebihi 10.000 operasi per tahun. Tim mengatakan, banyak hambatan yang terjadi seperti jarak tempuh menuju fasilitas operasi, dan keterbatasan jumlah dokter mata. 

Pada tahun ini, Tambang Emas Martabe menyalurkan US$120.000 untuk menyelenggarakan berbagai program kesehatan mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper