Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo III Beri Dana Hibah Bina Lingkungan untuk Jatim

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) memberikan bantuan hibah bina lingkungan terhadap 64 fasilitas umum yang tersebar di seluruh Jawa Timur melalui program Kemitraan dan Bina Lingkungan.

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) memberikan bantuan hibah bina lingkungan terhadap 64 fasilitas umum yang tersebar di seluruh Jawa Timur melalui program Kemitraan dan Bina Lingkungan.

Toto Heli Yanto, Direktur SDM dan Umum Pelindo III mengatakan bantuan tersebut terdiri dari 28 sarana ibadah, 33 sarana pendidikan dan pelatihan, serta 3 sarana umum lainnya senilai Rp971 juta.

 “Dari tahun 2001 hingga akhir 2015 kemarin setidaknya kami sudah menyalurkan dana hibah bina lingkungan dengan total nilai mencapai Rp109,77 miliar,” kata Toto dalam keterangan resmi, Senin, (18/1/2016).

Toto menambahkan, besaran dana yang dibutuhkan untuk masing-masing penerima bantuan satu sama lain akan berbeda.  Hal itu didasarkan pada kebutuhan dan keadaan fisik objek bantuan itu sendiri. 

Sekretaris Perusahaan Pelindo III Yon Irawan mengatakan jumlah dana yang disalurkan dapat berbeda setiap tahunnya.  Ia mencontohkan pada 2012, hibah bina lingkungan yang disalurkan oleh Pelindo III mencapai Rp12 miliar, tahun 2013 sekitar Rp9,6 miliar, tahun 2014 sebesar Rp12,54 miliar.

“Selama tahun 2015 kami sudah menyalurkan hibah bina lingkungan sebesar Rp11,27 miliar,” ujarnya.

Perbedaan jumlah total dana hibah bina lingkungan disesuaikan dengan keuangan perusahaan.  Setiap tahun, perusahaan plat merah tersebut menyalurkan 2% dari keuntungan perusahaan setelah pajak kepada masyarakat. 

Dana bina lingkungan yang disalurkan oleh Pelindo III kepada masyarakat bersifat hibah.  Artinya, setiap penerima bantuan tidak memiliki kewajiban untuk mengembalikan dana tersebut kepada Pelindo III. 

Mereka hanya diwajibkan untuk membuat laporan realisasi penggunaan dana hibah tersebut sesuai dengan rencana yang mereka ajukan ke Pelindo III.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper