Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peluang Untung dari Bisnis Wedding Organizer

Melihat prospeknya yang menarik, banyak pelaku usaha yang tertarik mencoba peruntungan ddalam bisnis WO. Hal ini tentunya membuat persaingan semakin ketat. Meskipun begitu, semua pelaku usaha pada dasarnya memiliki peluang untuk mendapat klien. Di Jakarta Utara, Desy Angel Marsely pemilik Angel Wedding Organizer mampu melayani minimal 13 klien dalam setahun
Ilustrasi/angelweddingorganizer.com
Ilustrasi/angelweddingorganizer.com

Peluang Masih Besar

Melihat prospeknya yang menarik, banyak pelaku usaha yang tertarik mencoba peruntungan ddalam bisnis WO. Hal ini tentunya membuat persaingan semakin ketat.

Meskipun begitu, semua pelaku usaha pada dasarnya memiliki peluang untuk mendapat klien. Di Jakarta Utara, Desy Angel Marsely pemilik Angel Wedding Organizer mampu melayani minimal 13 klien dalam setahun.

“WO di Jakarta memang sudah banyak, tetapi kita pasti bisa bersaing selama mampu mengeluarkan ide-ide yang kreatif, ” tutur Angel yang menawarkan jasa wedding organizer, wedding helper dan event organizer sejak 2013.

Sebagai pemain baru yang masuk ke arena bisnis wedding organizer, Angel berusaha memberikan harga bersaing. Apalagi, menurutnya, pelaku usaha kerap melakukan perang harga.

Tak jarang, ada konsumen yang menawar untuk mendapatkan kualitas terbaik tetapi dengan harga semurah mungkin.

“Kalau sudah begini, selain memberikan service yang terbaik saya juga memberikan promo-promo, misalnya, paket menginap di hotel berbintang untuk bulan madu,” jelasnya.

Soal harga, baik Angel maupun Sigit berujar semua disesuaikan dengan plafon budget klien serta konsep acara yang diinginkan. Untuk biaya jasa sebagai wedding planner, Angel mematok sebesar Rp20 juta sementara Sigit lebih menerapkan persentase 10% dari biaya total.

Adapun untuk promosi, keduanya sama-sama mengandalkan promosi mulut ke mulut, lewat media sosial, serta lewat website.

“Sejauh ini kami tidak pernah ikut pameran tetapi kliennya selalu ada. Biasanya mereka mengontak kami via WA, Instagram ataupun lewat rekomendasi temannya,” kata Sigit yang berpromosi di situs website resmi www.mydiamondswedding.com serta akun Instagram @MyDiamondsWO.   

Sedikit berbeda dengannya, Angel yang juga memanfaatkan media sosial pun kerap ikut pameran. Menurutnya, pameran khusus wedding bermanfaat untuk buka jaringan sekaligus menjaring calon klien potensial.

“Tapi kalau awal-awal dulu saya sering menyebarkan brosur-brosur dan kartu nama ke  kalangan vendor seperti bridal atau katering karena banyak calon klien yang bisa didapat lewat mereka,” kata Angel.

Saat ini dia lebih banyak mengandalkan promosi di media sosial Instagram dengan akun @AngelWeddingOrganizer serta menjadikan situs resmi www.angelweddingorganizer.com sebagai etalase maya untuk memajang portofolionya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper