Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Bantu Petani Jahe

Jahe dan kencur merupakan beberapa tanaman rimpang yang populer digunakan sebagai rempah-rempah dan juga sebagai bahan obat di Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA – Jahe dan kencur merupakan beberapa tanaman rimpang yang populer digunakan sebagai rempah-rempah dan juga sebagai bahan obat di Indonesia.

Di wilayah Jambi Merang, Sumatera Selatan, kedua tanaman ini dibudidayakan dan menjadi mata pencaharian masyarakat setempat.

Namun, keterbatasan sumber informasi menjadikan para petani setempat kesulitan untuk berinovasi dan menciptakan kendala ekonomi.

Berdasarkan siaran pers yang diperoleh Bisnis.com, Selasa (26/4/2016), seorang ibu rumah tangga di Palembang, Sumatera Selatan yang tergabung sebagai Local Hero Pertamina yakni Jumiati, membuat terobosan dan memberikan dampak terhadap kesehatan serta kesejahteraan masyarakat Jambi Merang.

Inspirasi itu, Jumiati menjelaskan, hadir saat dirinya menemukan ada seorang tetangga yang menderita komplikasi darah tinggi, asam urat dan diabetes.

Jumiati yang gemar bercocok tanam, menganjurkan tetangganya tersebut untuk mengonsumsi air rebusan jahe dan kencur.

Tak lama berselang, sang tetangga merasa tubuhnya membaik dan menginspirasi Jumiati untuk mengembangkan produk olahan jahe dan kencur yang dihasilkan oleh para petani di daerahnya.

Setelah tahu khasiat jahe dan kencur, saya merasa terpanggil membantu petani lokal dalam mengembangkan kemampuan mereka untuk memroduksi produk olahan jahe dan kencur,” bebernya dalam siaran pers, Selasa (26/4/2016).

Dia menambahkan dengan menggandeng kelompok Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dia mengelola sebuah kelompok pelatihan bagi para petani. Kelompok ini berfungsi sebagai wadah diskusi, belajar dan bertukar pikiran antara satu petani dengan petani lainnya.

Untuk mendukung program ini, pada 2015, Pertamina berkontribusi dalam penyediaan alat-alat pengolahan jahe dan kencur. Hal ini dilakukan atas hasil pengamatan Pertamina terhadap kelompok ini, yang tadinya menggunakan metode rebus dalam sistem produksi ekstrak jahe dan kencur.

Dengan adanya bantuan pengadaan alat, jahe dan kencur dapat langsung diubah menjadi bubuk setelah dikeringkan.

Program ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan PKK merupakan salah satu cara Pertamina berkontribusi meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar wilayah operasi, sehingga terciptalah produk Jamu Beras Kencur dan juga produk Serbuk Jahe yang berkhasiat membantu mengatasi berbagai penyakit seperti darah tinggi, asam urat, dan diabetes.

Berkat inovasi Jumiati, berhasil meningkatkan pendapatan para petani sebanyak Rp 250.000 hingga Rp 500.000 setiap bulannya.

Bukan hanya petani, namun masyarakat sekitar juga merasakan dampaknya. Mereka tidak perlu terlalu sering mengunjungi dokter, dan biaya kesehatan menjadi lebih murah. Ibu-ibu PKK dulunya juga tidak terlalu aktif berkegiatan,” terangnya.

Saat ini, Jumiati mengungkapkan terdapat tiga kelompok tani yang masing-masing beranggotakan 15 orang petani. Mereka diajari cara mengolah jahe dan kencur yang baik, serta cara mengemas yang higienis.

Oleh karena komitmen dan kontribusi nyata ini, Jumiati dianugerahi penghargaan Local Hero kategori “Pertamina Sehat” oleh Pertamina, pada tahun 2015 lalu.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper