Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

REKOR MURI: 3.500 Pedagang Semen Berwisata Gratis ke Bali

Produsen semen PT Cemindo Gemilang memboyong 3.500 pedagang semen untuk berwisata ke Bali dengan mencatat rekor museum rekor Indonesia (MURI).
Pantai Kuta/Ilustrasi
Pantai Kuta/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Produsen semen PT Cemindo Gemilang memboyong 3.500 pedagang semen untuk berwisata ke Bali dengan mencatat rekor museum rekor Indonesia (MURI).

Silvie Hardy, Marketing Manager PT Cemindo Gemilang, mengatakan produsen semen bermerek Semen Merah Putih, menggelar kegiatan yang melibatkan 3.500 pemilik toko di seluruh Jawa-Bali.

Untuk tahun 2016 ini, Pulau Bali dipilih sebagai tujuan wisata dengan mengusung tema liburan yang dikemas dalam kegiatan spektakuler ‘BALIVAGANZA’ pada 25-28 Mei 2016.

Kegiatan tahunan yang akan dipusatkan di kawasan wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Uluwatu, Bali ini memang digelar untuk memberikan apresiasi kepada retailers Semen Merah Putih di seluruh Indonesia yang telah menjual produk Semen Merah Putih.

“Targetnya, dengan adanya apresiasi ini bisa menambah jumlah retailers di seluruh Indonesia setiap tahun. Apalagi, tahun ini, pabrik Semen Merah Putih yang ada di Bayah, Banten, sudah siap berproduksi dengan kapasitas 4 juta ton per tahun. Tentu dibutuhkan penjual-penjual yang handal untuk mempercepat penetrasi pasar semen di Tanah Air,” ujarnya, Rabu (18/5/2016).

Silvie memaparkan bahwa hingga kuartal I/2016, jumlah retailers Semen Merah Putih mencapai sekitar 3.000 toko. Jumlah ini ditargetkan naik dua kali lipat menjadi 5.000 retailers hingga akhir 2016. Kenaikan jumlah retailers ini untuk menggenjot market share Semen Merah Putih menjadi 6% di area Jawa-Bali.

“Persaingan di industri semen di Tanah Air semakin ketat. Karena itu, kami berupaya terus mengembangkan strategi dan inovasi di seluruh lini agar tetap kompetitif. Salah satunya dengan mengapresiasi para retailers yang merupakan ujung tombak penjualan Semen Merah Putih di Indonesia,” ujarnya.

Untuk memanjakan para retailers, manajemen PT Cemindo Gemilang telah menyiapkan kegiatan tahunan yang terbagi dalam dua kegiatan utama, yakni Retailers Gathering dan Retailers Rewards Trip.

Retailers Gathering yang sudah digelar sejak tahun 2013 ini difokuskan untuk setiap kawasan, seperti Jakarta, Serang, Medan, Pontianak, dan lainnya. Namun, mulai tahun 2016, konsepnya diubah dengan melibatkan para retailers di kawasan yang lebih luas, salah satunya area Jawa-Bali.

Sedangkan Retailers Rewards Trip, juga digelar setiap tahun khusus untuk para retailers yang berhasil menjual produk Semen Merah Putih dengan target tertentu.

Rewards tersebut berupa perjalanan ke luar negeri yang mengajak 250 retailers ke Korea Selatan di tahun 2014 dan 300 retailers ke Shanghai di tahun 2015. Khusus untuk tahun 2016, pemberian rewards trip ini dilakukan 2 kali yaitu pada kuartal 1 berupa perjalanan wisata ke Thailand (600 retailers), Hongkong (180 retailers), Jepang (100 retailers), dan Umroh (100 retailers), serta di kuartal 3 & 4 mendatang berupa perjalanan kapal pesiar (cruise), Korea Selatan, Jepang, dan Australia.

“Kami memang ingin memanjakan para retailers karena mereka adalah bagian dari keluarga besar Semen Merah Putih. Dengan rangkaian acara yang Semen Merah Putih adakan untuk para retailers, kami ingin terus membina hubungan baik.” tegasnya.

Sementara itu, Silvie menegaskan bahwa kegiatan BALIVAGANZA yang melibatkan 3.500 retailers di seluruh Jawa-Bali tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai rekor Perjalanan Wisata Pemilik Toko Terbanyak yang pertama kali digelar di Indonesia.

Adapun total pesawat yang digunakan untuk menerbangkan para pemilik toko bangunan Semen Merah Putih jumlahnya mencapai 25 pesawat menuju Bandara Ngurah Rai, Bali dari berbagai bandara Soekarno-Hatta (Jakarta), Husein Sastranegara (Bandung), Ahmad Yani (Semarang), Adi Sucipto (Yogyakarta) dan Juanda (Surabaya). Ini termasuk penerbangan untuk kepulangan mereka dari Bali.

“Penerbangan keberangkatan untuk tujuan Bali di tanggal 25-26 Mei 2016 dan kepulangan di tanggal 28 Mei 2016, semua full book. Kami memaksimalkan pemesanan dengan maskapai penerbangan terpercaya seperti Garuda Indonesia. Kami tidak ingin mengecewakan para retailers Semen Merah Putih,” ujarnya.

Yang menarik, kegiatan yang melibatkan 3.500 orang ini, akan membuat suasana di Jimbaran saat makan malam pada 26 Mei 2016, meriah dan gegap gempita.

“Bayangkan ada 24 restoran yang berada di bibir Pantai Jimbaran sepanjang 2 km, akan dipenuhi lebih dari 3.500 orang,” ujarnya.

“Untuk kegiatan ini, kami sudah berkoordinasi dengan pemangku adat di Jimbaran dan pihak keamanan Bali,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sukirno
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper