Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Honda Ajak Warga Cegah Kerusakan Lingkungan Alam

PT Astra Honda Motor melakukan konservasi lingkungan di area wisata situs purbakala Stone Garden dan Gua Pawon Bandung Barat, dalam rangka penyambut Hari Lingkungan Hidup Seduai pada 5 Juni 2016.
Pepohonan tumbuh subur. Ilustrasi/JIBI
Pepohonan tumbuh subur. Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com,  JAKARTA--PT Astra Honda Motor melakukan konservasi lingkungan di area wisata situs purbakala Stone Garden dan Gua Pawon Bandung Barat, dalam rangka penyambut Hari Lingkungan Hidup Seduai pada 5 Juni 2016.

Kegiatan konservasi itu ditandai dengan penanaman beraneka jenis pohon di kawasan perbukitan Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Adapun berbagai jenis pohon yang ditanam hari ini, Rabu (1/6/2016) mencapai 8.000 pohon yang antara lain pohon bambu, nangka, rambutan, sirsak, gemelina, surain, panesta, mahoni uganda, gandaria dan buni. 

Ahmad Muhibbudin, Deputy Head of Corporate Communication Astra Honda Motor (AHM), mengatakan program tersebut tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan dan fauna di kawasan ini, tetapi jauh lebih luas.

“Masyarakat setempat juga akan memperoleh manfaat langsung karena mereka akan diedukasi untuk melakukan perawatan dan mendapatkan manfaat ekonomi dari pohon itu,” katanya, Rabu (1/6/2016).

Dia menjelaskan AHM bekerja sama dengan Yayasan Saung Angklung Udjo akan mengedukasi masyarakat sekitar keterampilan mengolah pohon bambu menjadi angklung.

“Ada manfaat ekonomi yang tercipta di sini karena pasarnya sudah ada. Di sisi lain, potensi wisata terbuka untuk dikembangkan," ujarnya.

Ahmad mengungkapkan kegiatan konservasi alam bertujuan untuk menambah daerah resapan air dan mengoptimalkan fungsinya yang bermanfaat bagi aliran Sungai Citarum sekaligus mencegah terjadinya longsor.

‎Penanaman pohon, lanjutnya, juga menciptakan keaneragaman hayati dan daya hidup fauna khas kawasan tersebut seperti monyet ekor panjang, kupu-kupu, landak, musang, kelelawar pedan jawa, burung hantu, dan ular.‎

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper