Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Yogyakarta Jadi Pusat Startup Nasional

Yogyakarta menjadi pilihan bagi industri start-up nasional, di mana kota tersebut menjadi tempat lahirnya 190 start-up dalam lima tahun terakhir.
Startup/olpreneur.com
Startup/olpreneur.com

Bisnis.com, JAKARTA—Yogyakarta menjadi pilihan bagi industri start-up nasional, di mana kota tersebut menjadi tempat lahirnya 190 start-up dalam lima tahun terakhir.

Berdasarkan riset yang dilakukan Jogja Digital Valley, sebanyak 32.33% start-up mengaku memilih kota itu lantaran biaya operasionalnya murah. Selain itu, Yogyakarta memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dan akses internet yang mendukung.

Gerakan Nasional 1000 Start-Up Digital, dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Minggu (18/9), menyebutkan peran komunitas anak muda Kota Pelajar turut membuat dunia start-up dan industri game semakin berkembang. Beberapa start-up digital yang ada di kota itu adalah Sale Stock, Pasienia, Pijar Psikologi, dan Rumah Mimpi.

Sementara, pengembang game Gameloft pun sudah melebarkan sayapnya ke kota itu. Gerakan yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan KIBAR itu menyatakan perguruan tinggi di Yogyakarta turut berperan aktif mendorong perkembangan industri start-up lokal, salah satunya Universitas Gajah Mada (UGM).

Institusi pendidikan itu bekerja sama dengan Gerakan Nasional 1.000 Start-Up Digital lewat Innovative Academy, yaitu program inkubator start-up digital milik UGM yang telah berjalan sejak 2014.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah entrepreneur non pertanian di Yogyakarta berdasarkan Sensus Ekonomi 2016 mencapai 533.900 usaha atau naik 32,36% dibandingkan sensus serupa yang dilakukan pada 2006.

Sementara, dari 190 start-up yang ada, sebanyak 57 di antaranya bergerak di website development, 53 lainnya fokus pada proyek desain grafis, 40 start-up di sektor internet marketing, sedangkan 39 sisanya menciptakan aplikasi mobile.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Annisa Margrit
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper