Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARI PAHLAWAN: 3 BUMN Rampungkan Renovasi 50 Rumah Veteran di Kaltim

PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pupuk Kaltim, dan PT Hutama Karya (Persero) berhasil menyelesaikan renovasi 50 rumah veteran di Kaltim pada November, penyelesaian ini lebih cepat dari target pelaksanaan program bedah rumah yang ditetapkan hingga Desember.
3 BUMN rampungkan renovasi rumah veteran di Kaltim/Nadya Kurnia
3 BUMN rampungkan renovasi rumah veteran di Kaltim/Nadya Kurnia
Bisnis.com, BALIKPAPAN-PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pupuk Kaltim, dan PT Hutama Karya (Persero) berhasil menyelesaikan renovasi 50 rumah veteran di Kaltim pada November, penyelesaian ini lebih cepat dari target pelaksanaan program bedah rumah yang ditetapkan hingga Desember.
 
Tepat pada peringatan Hari Pahlawan Nasional yang berlangsung hari ini (10/11), ketiga perusahaan pelat merah itu melaksanakan serah terima unit-unit rumah kepada penerimanya. Kegiatan dilaksanakan di Desa Baru Ilir, Balikpapan Barat.
 
Direktur SDM dan Tata Kelola Pupuk Indonesia A. Tossin Sutawikara mengatakan bahwa program Bedah Rumah Veteran ini sudah berjalan sekitar enam bulan. Dalam menjalankan program ini, ketiga BUMN tersebut juga bekerjasama dengan Kodam VI/Mulawarman.
 
"Tim kami bersama Pupuk Kaltim dan Hutama Karya serta tim dari Kodam telah melakukan survey untuk melihat kondisi rumah-rumah veteran yang sudah tidak layak dan perlu mendapat bantuan bedah rumah. Dari situ kami temukan ada 50 rumah veteran yang sebagian besar tidak memiliki lantai, dinding, atap, dan fasilitas MCK yang layak," jelasnya, Kamis (10/11/2016).
 
Kelimapuluh unit rumah sasaran program bedah rumah dalam rangkaian program BUMN Hadir Untuk Negeri itu tersebar di penjuru Kaltim, dengan rincian 8 unit rumah berlokasi di Samarinda, 20 unit rumah di Balikpapan, 6 unit rumah di Bontang, 3 unit rumah di Berau, 7 unit rumah di Tenggarong, dan 6 unit rumah di Tanah Grogot.
Adapun biaya renovasi yang disiapkan oleh ketiga BUMN itu adalah sebesar Rp40 juta untuk tiap unit rumah. Selain membantu dalam survey, tim Kodam VI/Mulawarman juga terlibat langsung dalam pelaksaan renovasi dan konstruksi.
 
"Berkat kerja yang cepat dari Kodam Mulawarman, pembedahan 50 rumah veteran dapat rampung lebih cepat dari perkiraan. Bahkan bisa dilakukan penyerahan kepada veteran bertepatan dengan Hari Pahlawan. Ini menjadi nilai tambah yang baik," jelas Kepala Divisi Pengembangan Bisnis Hutama Karya Sarjono yang turut hadir dalam kegiatan hari ini.
 
Selain melaksanakan program bedah rumah, ketiga BUMN itu juga melaksanakan program lain dalam rangkaian program utamanya, antara lain pemberian bantuan elektrifikasi kepada 100 rumah tangga yang belum teraliri listrik, penjualan 1.500 paket sembako pada pasar murah, pelaksanaan program Siswa Mengenal Nusantara, dan lain sebagainya.
 
Turut hadir dalam kegiatan serah terima unit rumah hari ini adalah Aster Kodam VI/ Mulawarman Kolonel TNI M. Syaeful Azis dan Wakil Walikota Balikpapan Rahmad Mas'ud.
1. Kegiatan serah terima unit rumah veteran yang telah direnovasi oleh PT Pupuk Indonesia, PT Pupuk Kaltim, dan PT Hutama Karya di Desa Baru Ilir, Balikpapan Barat, Kamis (10/11).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler