Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Zanana Chips Dinilai Konsisten Berinovasi, Kembali Juarai Kontes Wirausaha DSC,

Kompetisi wirausaha Wismilak Diplomat Success Challenge 2016 akhirnya dimenangkan oleh Gazan Azka Ghafara, pemilik usaha kuliner keripik pisang Zanana Chips. Pria kelahiran Bandung 27 Juli 1995 tersebut didaulat sebagai pemenang lantaran dinilai memiliki potensi besar dan konsisten dalam berinovasi.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Kompetisi wirausaha Wismilak Diplomat Success Challenge 2016 akhirnya dimenangkan oleh Gazan Azka Ghafara, pemilik usaha kuliner keripik pisang Zanana Chips. Pria kelahiran Bandung 27 Juli 1995 tersebut didaulat sebagai pemenang lantaran dinilai memiliki potensi besar dan konsisten dalam berinovasi.

“Gazan terpilih karena leadershipnya yang menonjol, ia berani mengambil keputusan. Kami lihat ia berpotensi menjadi entrepreneur tangguh,” kata Surjanto Yasaputera, Ketua Dewan Komisioner DSC 2016 lewat keterangannya, Selasa (22/11/2016).

Sebagai pemenang utama, Gazan mendapatkan hadiah hibah modal Rp500 juta dari total hadiah Rp2 miliar yang diberikan DSC 2016. Adapun, pemenang lainnya yakni Gisela Eugenia dengan usaha aplikasi untuk menemukan pengajar bimbel; I Wayan Lovayana yang merencanakan workshop pembuatan benda seni untuk menyerap tenaga kerja di Bali.

Selain itu ada tiga pelaku usaha yang berada di posisi runner up, yakni Kristantya Nugraha yang memproduksi bass gitar; Stephanie Patricia yang membuat aplikasi medi-call; serta Heru Anwari yang membuat sepeda BMX inovatif.

DSC juga masih memberikan penghargaan kepada 5 orang dengan usaha yang memenuhi kriteria social impact dan 5 orang lagi business potential.
“Tahun ini kompetisi DSC menjaring beragam katagori usaha, antara lain industri kreatif, agrikultur, teknologi, energi, meski yang paling banyak masih di bidang perdagangan, jasa dan kuliner,” ujarnya.

Kendati semua memiliki keistimewaan, menurut Surjanto , usaha Zanana Chips sangat memahami target pasar karena terus berinovasi mengembangkan mekanisme promosi dengan memperhatikan tren terkini.

Gazan merintis usaha keripik pisang sejak dua tahun lalu. Sebelumnya dia pernah jatuh bangun saat mencoba beberapa jenis usaha kuliner lain seperti bisnis ayam tulang lunak dan risoles.


Ide memproduksi Zanana Chips timbul karena pengalaman pribadinya yang kesulitan mencari keripik pisang coklat yang merupakan oleh-oleh khas Lampung. Yakin potensinya besar, dia pun percaya diri memulai produksi.


“Alhamdulillah, sekarang sudah berjalan 2 tahun, peminatnya terus meningkat. Zanana Chips sudah pernah di distribusikan ke lebih dari 70 kota di Indonesia, termasuk keluar negeri seperti Malaysia, Jepang, Amerika, Mesir, dan Brunei,” katanya.


Gazan terus menambah varian produk dari awalnya hanya rasa coklat kini tersedia keripik pisang rasa susu, greentea, smoked beef, dan classy spicy. Selain ragam cita rasa yang tengah populer, produk ini juga mempunyai kemasan yang menarik untuk menyasar kelompok anak muda yang selalu menuntut kebaruan dan keaslian ide.

“Saya masih ingin memperbanyak jalur distribusi, agar Zanana Chips bisa tersedia di berbagai kota dan mudah ditemukan oleh konsumen,” ujar Gazan yang kini mengantongi omzet Rp400 juta – Rp500 juta per bulan.


Dengan sistem penjualan online saat ini konsumen baru bisa mendapatkan camilan yang diinginkan dalam waktu 2 - 3 hari setelah order, jarak waktu yang sunggu menghambat penjualan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper