Warga Padati Bazaar Rakyat Muhammadiyah Larizmu

Bulan Ramadan menjadi momentum untuk memperkuat kepedulian dan keikhlasan berbagi kepada sesama seperti kegiatan Bazaar Minyak Goreng di Masjid Al Huda, Tebet.
Andhika Anggoro Wening | 20 Juni 2017 14:15 WIB
Bazar minyak - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Bulan Ramadan menjadi momentum untuk memperkuat kepedulian dan keikhlasan berbagi kepada sesama seperti kegiatan Bazaar Minyak Goreng di Masjid Al Huda, Tebet.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua PC Ikatan Pelajar Muhammadiyah Tebet Raya, Fariz Aryansyah, Direktur Utama Lembaga Zakat Infaq,  Shadaqah Muhammadiyah (LazisMU) Andar Nurbowo dan Ketua PP Muhammadiyah, Hajriyanto Y. Thohari.

Kegiatan sosial seperti Bazaar Rakyat dan Wakaf Quran juga menjadi wahana bersilaturahim antar pemangku kepentingan, dalam hal ini melibatkan entitas bisnis, organisasi keagamaan, organisasi sosial kemasyarakatan, dan juga warga masyarakat.

“Silaturahim semacam ini dilandasi pula oleh semangat pluralisme dan toleransi, terlepas dari latar belakang maupun keyakinan semua yang terlibat, karena pada dasarnya perbedaan adalah keniscayaan dan perbedaan pula yang mempersatukan kita,” ujar Senior Advisor Sinar Mas Badrodin Haiti dalam kegiatan Bazaar Minyak Goreng di Masjid Al Huda, Tebet.

Kegiatan ini juga menjadi kesempatan bagi para pihak yang hadir untuk mengeksplorasi serta menginisiasi bentuk-bentuk kemitraan lainnya di bidang sosial, ekonomi kerakyatan dan humaniora yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas

Sebanyak 3.000 liter minyak goreng kemasan seharga Rp 8.000 per liter disalurkan bagi keluarga besar Muhammadiyah dan warga masyarakat sekitar.

Bazaar Rakyat dilakukan selain untuk berbagi dengan sesama, sekaligus mengantisipasi peningkatan kebutuhan masyarakat yang umumnya diikuti kenaikan harga minyak goreng di bulan Ramadan.

Kegiatan ini diharapkan juga dapat memberikan efek psikologis yang menenangkan masyarakat bahwasanya pasokan memadai dan tidak terjadi lonjakan harga.

Sinar Mas melalui pilar bisnisnya selama ini menjalankan program corporate social responsibility mengedepankan produk dan merek andalan sendiri.
Tahun ini direncanakan penyaluran sebanyak 360 ribu liter minyak goreng kemasan, melalui Bazaar Rakyat yang tersebar di lebih dari 60 lokasi.

Sejak tahun 2005, melalui PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk. (PT SMART), telah disalurkan lebih dari 30 juta liter minyak goreng kemasan – beragam merek seperti Filma, Kunci Mas ataupun Mitra – di berbagai kota.
Sinar Mas menerima penghargaan Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) sebagai perusahaan yang konsisten dan berkesinambungan menyalurkan sebanyak 25.792.615 liter minyak goreng murah bagi kaum miskin di Gedung Kesenian Jakarta pada hari Kamis, 26 Juni 2008.

Sinar Mas juga tengah melaksanakan kampanye ‘Produk Indonesia, Jati Diri Bangsa’ guna menggalang kesadaran masyarakat untuk menggunakan produk dalam negeri.

Wakaf Quran

Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2013 mendata sekitar 54 persen dari total populasi umat Islam di Indonesia belum dapat membaca Al Quran. Sedangkan data Kementerian Agama tahun 2011 mencatat kebutuhan Al Quran di Indonesia mencapai 2 juta mushaf per tahun, sementara daya cetak baru 300 ribu setiap tahunnya.

Karena itu, APP Sinar Mas mendukung pemerintah memenuhi kebutuhan Al-Quran bagi umat muslim di Indonesia. Sejak tahun 2008 sampai dengan tahun ini, APP Sinar Mas telah mendonasikan 600 ribu mushaf Al Quran ke berbagai wilayah di Indonesia bersama dengan berbagai mitra.

Selain mendonasikan mushaf Al Quran, sampai dengan tahun ini kami juga telah mendonasikan 120 ribu Buku Cara Membaca Al-Quran Bagi Anak-Anak dan Juz Amma, serta 700 set Al-Quran Braile bagi tuna netra.

Kertas Al Quran yang diwakafkan menggunakan kertas premium khusus Sinar Tech atau yang lebih dikenal sebagai Quran Paper (QPP). Produk kertas yang dikembangkan oleh Indah Kiat Pulp & Paper-Tangerang ini memiliki tekstur yang sangat halus. Selain itu, hasil cetakannya sangat baik dan detil. Tinta tidak meluber, tidak tembus serta tidak menyilaukan mata pembacanya. Bahkan, kualitas cetakannya mampu bertahan hingga 100 tahun dalam keadaan normal.
 
Quran Paper memenuhi sertifikat halal dari MUI karena bahan baku dan proses produksinya memenuhi kaidah kehalalan. Sebanyak 90% dari produk ini diekspor ke negara-negara yang menjadi rujukan pusat-pusat percetakan Al Quran seluruh dunia, antara lain Arab Saudi, Turki, Iran, dan Kuwait. APP Sinar Mas sudah memasok 60% kebutuhan kertas Al Quran di dunia sejak tahun lalu.
Wakaf Quran merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh APP Sinar Mas bekerjasama dengan berbagai mitra baik pemerintah, lembaga keagamaan, sampai dengan pilar usaha Sinar Mas di seluruh Indonesia.

Tag : bazar
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top