KEWIRAUSAHAAN: Begini Langkah Pemerintah Cetak Pebisnis Muda

Pemerintah terus menggenjot pengembangan kewirausahan pemuda di Tanah Air. Apa saja yang telah dilakukan?
Kurniawan A. Wicaksono | 03 Agustus 2017 09:56 WIB
Ilustrasi pengusaha muda - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah terus menggenjot pengembangan kewirausahan pemuda di Tanah Air. Apa saja yang telah dilakukan?

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari laman resmi Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), sinergi telah dilakukan dengan Kemenko Perekonomian, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Bappenas, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, serta perwakilan K/L lainnya.

Asisten Deputi Bidang Kepemudaan, Alfredo Sani Fenat, mengatakan salah satu yang telah dilakukan yakni dari pihak Kementerian Koperasi dan UKM. Mereka, sambungnya, telah melakukan beberapa langkah strategis salah satunya dengan melakukan road show ke kampus-kampus.

“Dan memberikan bimbingan dalam pembuatan proposal usaha,” katanya, seperti dikutip dari laman resmi Kemenko PMK, Kamis (3/8/2017).

Pemerintah memberikan modal usaha senilai Rp5 juta--Rp25 juta kepada mahasiswa sesuai dengan proposal yang telah dibuat. Selanjutnya, ada pelatihan peningkatan kapasitas koperasi dan pelatihan vokasi/teknis.

Selain itu, ada pula program magang di Kementerian Koperasi dan UKM bagi masyarakat yang diseleksi melalui dinas terkait. Tidak hanya pada tataran awal, pemerintah juga melakukan pendampingan setelah dilakukan pelatihan

Alfredo mengharapkan agar setiap K/L dapat berkoordinasi dan melakukan sinkronasi dalam pelaksanaan program pengembangan kewirausahaan pemuda, untuk mencapai RPJMN 2015-2019 yaitu meningkatnya jumlah wirausaha baru melalui program pusat dan daerah secara kumulatif dengan target satu juta usaha baru.

Tag : kewirausahaan, pengusaha muda, kemenko pmk
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top