Berbisnis Sambil Melestarikan Oleh-oleh Khas Betawi

Oleh-oleh merupakan salah satu istilah yang identik ketika seseorang melakukan sebuah perjalanan ke suatu tempat, umumnya bisa berupa souvenir, pakaian, makanan maupun cemilan atau makanan kecil.
Mia Chitra Dinisari | 21 September 2017 22:00 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Oleh-oleh merupakan salah satu istilah yang identik ketika seseorang melakukan sebuah perjalanan ke suatu tempat, umumnya bisa berupa souvenir, pakaian, makanan maupun cemilan atau makanan kecil.

Seperti Palembang dengan Pempeknya, Rujak Cingur di Surabaya, Tape di Bandung. Sementara Jakarta salah satu yang sangat popular adalah Biji Ketapang, makanan ringan berbahan dasar terigu dan kelapa parut khas suku Betawi di Jakarta.

Masyarakat Jakarta sendiri tentu sudah sangat familiar dengan makanan ini (Biji Ketapang), namun untuk menjumpai cemilan ini terbilang gampang-gampang susah, seperti yang diutarakan pengusaha oleh-oleh khas Betawi “Mpo Romlah” yang terletak di kawasan Jagakarsa-Jakarta Selatan 

“Biji Ketapang ini makanan khas Betawi. Biasanye ade di Lebaran Aje..Tapi di Mpo Romlah ma hade ajee, kecuali pas sold out. Karena mirip makanye dinamain Biji Ketapang. Rasa manis dan empuknya juga pas. Buat dijadiin oleh-oleh atau dibagiin cocok bingit. ungkap Nia Febriana yang memulai bisnis ini sejak 15 Februari 2015 lalu

Nia juga mengatakan,  ingin melestarikan dan lebih mempopulerkan budaya Betawi lewat usaha pusat oleh-oleh Betawi agar tak hanya masyarakat di Jakarta saja namun sampai seluruh Indonesia bahkan Mancanegara.

Tak hanya Biji Ketapang, “Mpo Romlah” juga menghadirkan berbagai makanan ringan serta minuman khas Betawi seperti, Sagon, Geplak, Akar Kelapa, Rangginang, Dodol Betawi, Kerak Telor, hingga Bir Pletok yang merupakan minuman khas Betawi berbahan dasar Jahe.

“Selain memperkenalkan aneka jajanan khas Betawi, Mpo Romlah juga ade souvenir seperti gantungan kunci, dompet, tempat kartu name, tempelan kulkas, dll yang diadopsi dari kebudayaan Betawi. Setiap pengunjung yang datang ke Mpo Romlah, bakalan ngerasain nuansa Betawi akan terasa kental, pasalnye selain ada berbagai pilihan oleh-oleh, pengunjung juga akan menikmati alunan musik khas Betawi, ornamen dan mebel khas Betawi sambil berselfie ria bareng di store Mpo Romlah,” tambah Nia

Untuk store offline, saat ini pusat oleh-oleh Betawi “Mpo Romlah” hadir di dua tempat, yakni di Jl. Swadaya 2 No 20B, Jagakarsa – Jakarta Selatan, dan Harmonie Exchange Mall (Harris Vertu Hotel) Hayam Wuruk. Untuk pemesanan online bisa melalui instagram @Romlah_oleh2 atau www.romlah.com

Dengan tagline “Nyang Khas Betawi Ade di Mari” Nia juga saat ini menawarkan varian rasa cokelat dan kedepannya akan mencoba varian rasa lainnya sebagai variasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kuliner

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top