Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Keunggulan Perusahaan dengan Best Employers Indonesia 2017

Aon, konsultan pengelolaan sumber daya manusia global mengumumkan lima perusahaan sebagai pemenang Best Employers Indonesia 2017.
Nasabah melintas di dekat mesin ATM Bank BNI di Jakarta, Selasa (12/9)./JIBI-Abdullah Azzam
Nasabah melintas di dekat mesin ATM Bank BNI di Jakarta, Selasa (12/9)./JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Aon, konsultan pengelolaan sumber daya manusia global mengumumkan lima perusahaan sebagai pemenang Best Employers Indonesia 2017.

Dengan setengah dari 262 juta masyarakat Indonesia dalam grup usia 18-34 tahun dan rendahnya angka pengangguran yaitu 5,6%, tren penerapan bakat menunjukkan bahwa Indonesia telah beralih jauh dari lingkungan kerja tradisional. 

Para CEO menyebutkan rendahnya keterampilan, kurangnya pilihan bakat, dan kenaikan gaji sebagai risiko utama. Namun perusahaan pemenang Best Employers Indonesia unggul dengan 17% lebih tinggi untuk tingkat retensi dibandingkan rata-rata perusahaan lain dan terus mencapai skor engagement yang tinggi dengan 86% (melampaui rata-rata pasar sebesar 61%).

Aon Best Employers di Indonesia telah meraih 25 poin skor engagament lebih tinggi dibandingkan rata-rata perusahaan lain dengan keunggulan di tiga area utama berikut:

Senior Leadership: 

Karyawan di perusahaan pemenang Best Employers 11% lebih merasa pemimpin senior di perusahaan mereka dapat memberikan arahan jelas (skor Best Employer 78%, rata-rata perusahaan lain 67%)

Rewards & Recognition: 

Karyawan yang bekerja di perusahaan pemenang Best Employers 27% merasa lebih mendapatkan apresiasi (di luar gaji dan tunjangan) atas kontribusi dan prestasi mereka (skor Best Employer 76%, skor rata-rata perusahaan lain 49%)

Career Opportunity: 

Karyawan yang bekerja di perusahaan pemenang Best Employers 10% merasa lebih jelas dan optimis dengan karir dan peluang mendapatkan apresiasi berdasarkan kinerja mereka (skor Best Employer 77%, rata-rata perusahaan lain 67%)

Employer Brand: 

Karyawan di perusahaan pemenang Best Employers 12% merasa perusahaan mereka memiliki reputasi dan kredibilitas lebih unggul, dimana perusahaan ini mampu memenuhi harapan karyawan melalui pengalaman yang diperoleh selama bekerja di perusahaan (skor Best Employer 90%, skor rata-rata perusahaan lain 78%)

Sebagai tambahan, semua perusahaan pemenang Best Employers menargetkan program khusus untuk kelompok tenaga kerja tertentu, termasuk milenial dan perempuan, oleh karena itu skor engagement tenaga kerja milenial (skor Best Employer 85%, rata-rata perusahaan lain 59%) dan karyawan perempuan (skor Best Employer 88%, rata-rata perusahaan 63%) lebih tinggi dibandingkan rata-rata perusahaan lain.

Aon Best Employers Indonesia 2017 adalah:

PT. Bank DBS Indonesia
Best of the Best Employers

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
Best Employer Indonesia

PT Birotika Semesta (DHL Express Indonesia)
Best Employer Indonesia

Nu Skin Indonesia
Best Employer Indonesia

Ramsay Sime Darby Healthcare Indonesia
Best Employer Indonesia

Tiga perusahaan penerima penghargaan khusus:
Nama Perusahaan
Kategori

PT. Bank DBS Indonesia
Best Employer for Women in Workforce

PT Birotika Semesta (DHL Express Indonesia)
Best Employer for Commitment to Gen Y

PT Trakindo Utama
Best Employer for Commitment to Engagement

Selain itu, Aon juga mengumumkan Aon Best Employers Indonesia 2017 yang berpartisipasi di Program Global yaitu Clariant Indonesia, Home Credit Indonesia, InterContinental Hotels Group, Marriott International Indonesia, dan Sodexo Benefits & Rewards Services Indonesia.

Saurabh Mittal, Associate Partner, Aon Hewitt, mengatakan, “Tenaga kerja di Indonesia – yang beragam dan sangat mobile – rata-rata mengakses internet selama lima jam sehari. Masyarakat seperti ini dikategorikan sebagai masyarakat yang tech-savvy dan mampu mengakses berbagai macam informasi. Mereka juga paham dengan apa yang mereka inginkan dan mampu menangkap berbagai peluang kerja. Di dalam lingkungan seperti ini, harapan calon karyawan juga mulai berubah dan menjadi semakin beragam. 

Perusahaan pemenang Best Employers tentunya mampu beradaptasi dengan cepat dan melakukan perubahan dalam menciptakan strategi yang berorientasi pada sumber daya manusia dalam rangka mendorong kinerja dan bisnis perusahaan.

Caranya, dengan memahami keberagaman dan preferensi para tenaga kerja, serta menilai dan meningkatkan kemampuan karyawan berdasarkan empat indikator penilaian karyawan. Best Employers juga dapat menunjukkan keterlibatan karyawan yang tinggi, kepemimpinan yang efektif, brand perusahaan yang menjanjikan, dan budaya kerja yang baik.”

Vikas Verma, Principal, Talent and Performance, Aon Hewitt, menambahkan sudah banyak perusahaan-perusahaan terkemuka yang mulai menggunakan teknologi digital dan mengimplementasikan manajemen bakat berbasis bukti.

"Kami melihat tren yang serupa dimana perusahaan menilai dan memberikan pengalaman kerja yang berbeda-beda. Program Aon Best Employers memungkinkan perusahaan untuk menilai dan mengelola pengalaman kerja karyawan – sebuah keunggulan kompetitif yang sulit ditiru, namun dapat mendorong kinerja bisnis perusahaan dengan memanfaatkan metodologi yang kuat dan menggunakan listening technology platform yang canggih." Ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper