Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Makna Pahlawan di Mata Para Pedagang Bakso

Dalam rangka ulang tahun PT Miwon ke 44 tahun, PT Miwon Indonesia dan Dompet Dhuafa menggelar diskusi interaktif bertajuk Pejuang Ekonomi Mikro

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam rangka ulang tahun PT Miwon ke 44 tahun, PT Miwon Indonesia dan Dompet Dhuafa menggelar diskusi interaktif bertajuk “Pejuang Ekonomi Mikro” 

Dalam diskusi itu hadir para pedagang bakso yang mengungkapkan makna pahlawan dari kisah perjuangan para pedagang bakso.

Midi, salah seorang pedagang bakso, menuturkan makna pahlawan adalah ketika seseorang mampu hidup mandiri dan berpijak di atas dua kakinya serta berupaya menyiapkan generasi penerus bangsa dengan memberikan pendidikan yang baik.

Dia juga menceritakan awal perjuangannya memulai usaha pada tahun 1992 lalu. “Tidak mudah memulai usaha dari nol karena harus merasakan jatuh bangun dan tambal sulam modal. Berkali – kali mencoba mencari tempat yang strategis untuk berjualan namun selalu berujung dengan kegagalan, bahkan terkadang mendapat perlakuan yang kurang baik dari pedagang bakso lainnya. Namun, dengan ikhtiar dan tekad yang kuat akhirnya saya merasakan manisnya perjuangan,” ujar Midi.

Kini, usaha Midi semakin maju, dan ia bisa membeli rumah, kendaraan, memiliki peternakan dan bisamenghidupi keluarga serta mertuanya. 

Kisah berbeda dituturkan oleh Joko, pedagang bakso lainnya mengatakan pahlawan adalah seseorang yang menjalani profesi dengan kejujuran, kearifan, memperhatikan norma dan aturan sertatidak merugikan pihak lain. 

Pedagang bakso Paryadi,narasumber lainnya, menuturkan bahwa makna pahlawan adalah ketika masyarakat sekitar merasakan manfaat dan kebaikan dengan adanya keberadaan kita. 

Paryadi, yang juga Ketua Komunitas Pedagang Tangguh, juga sering mengajak anggotanya memberikan sumbangan untuk anggota lain terkena musibah. Ajakan ini pun disambut positif oleh anggotanya secara sukarela.

Midi, Joko, Paryadi adalah beberapa pedagang yang mendapat bantuan dari program pemberdayaan masyarakat dari PT Miwon dan Dompet Dhuafa dengan fokus Program Pedagang Tangguh dengan sasaran fokus yaitu para pedagang bakso. Penerima manfaat di tahun keenam kali ini berjumlah 50 pedagang bakso yang terdiri dari 30 pedagang di wilayah Jakarta Selatan dan 20 pedagang bakso di Surabaya.

Total mitra pedagang yang sudah dibina dari awal hingga kini sebanyak 350 orang. Inisiasi Pedagang Tangguh dilatarbelakangi oleh kepedulian dari Miwon dan Dompet Dhuafa terhadap kondisi para pedagang bakso skala mikro yang masih terbatas dalam aspek produksi, manajerial dan pemasaran.

Ragam bantuan yang diberikan berupa penyaluran modal usaha (1 set gerobak dorong dan peralatan penunjang), penguatan kapasitas mitra serta pendampingan usaha regular selama satu tahun.

Penguatan kapasitas diimplementasikan melalui pelatihan – pelatihan yang dapat menambah pengayaan dan pemahaman mitra mengenai aspek keamanan pangan, strategi pengembangan wirausaha, pengelolaan keuangan dan penguatan kelembagaan lokal.

“Kami berharap para pedagang bakso dapat lebih mandiri secara finansial, sehingga para pedagang dapat memperbaiki taraf hidup keluarga sambil tetap menyajikan makanan sehat dan layak konsumsi yaitu makanan yang bebas boraks, formalin dan pewarna tekstil,” ujar Vice President Director PT. Miwon Indonesia, Mr. Lee Dong Won seperti dikutip dari siaran persnya.

“Agar program tepat sasaran, kami memiliki prosedur terkait seleksi dan verifikasi mitra, melalui assessment yang komprehensif. Dengan terpilihnya mitra yang tepat, maka efektivitas dan keberhasilan program berupa kemandirian ekonomi dapat terwujud,” kata Ismail A. Said, Ketua Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper