Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Pekalongan dan Amway Bantu 500 Anak Gizi Kurang di Pekalongan

Pemerintah Kabupaten Pekalongan dan Amway Indonesia tindak lanjuti program pengentasan balita gizi kurang Nutrilite Power of 5 melalui penyuluhan Pola Asuh & Nutrisi untuk Anak Sehat dan Cerdas di Kabupaten Pekalongan.

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Pekalongan dan Amway Indonesia tindak lanjuti program pengentasan balita gizi kurang “Nutrilite Power of 5” melalui penyuluhan “Pola Asuh & Nutrisi untuk Anak Sehat dan Cerdas” di Kabupaten Pekalongan.

Program Nutrilite Power of 5 telah membantu sekitar 500 anak gizi kurang di tujuh kecamatan kabupaten Pekalongan melalui pemberian bubuk vitamin Nutrilite Little Bits yang digerakan oleh ibu-ibu PKK dan relawan kesehatan yang diketuai oleh Munafah Asip Kholbihi selaku Ketua Umum PKK dan pembina kader kesehatan.

“Harapan saya bekerjasama dengan Amway Indonesia melalui program Corporate Social Responsibilitynya bisa menurunkan angka kematian balita melalui pemberian bubuk nutrisi mikro Nutrilite Little Bits pada anak gizi kurang dan menjadikan anak-anak balita Kabupaten Pekalongan sehat lahir dan batin.” Ujar Munafah Asip Kholbihi seperti dikutip dari siaran persnya.

Menurut Rossy Hardiningsih, Head of Communication Amway Indonesia, gizi merupakan salah satu permasalahan besar yang dihadapi oleh setiap negara dari tahun ke tahun dan Amway selaku pemimpin di industri suplemen dan makanan kesehatan merasa terpanggil untuk turut andil dalam membantu pemecahan masalah tersebut.

Amway melalui program global Nutrilite Power of 5 berinisiatif meningkatkan kesadaran masyarakat diseluruh dunia untuk menyadari pentingnya asupan gizi yang cukup untuk anak usia di bawah 5 tahun, dan mengembangkan produk Nutrilite Little Bits yaitu 1 gram bubuk mikronutrisi yang terdiri dari 15 vitamin & mineral esensial dan sejak tahun 2009 telah mendonasikan suplemen nutrsi mikro ke jutaan anak di seluruh dunia.

“Balita paling rentan terhadap masalah malnutrisi yang dimana bila anak di usia lima tahun pertamanya tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, pertumbuhan fisik dan otaknya tidak optimal,” kata Rossy sembari menambahkan bahwa setiap anak berhak mendapatkan asupan gizi yang seimbang dimasa-masa awal pertumbuhan mereka yang merupakan bekal untuk kehidupan mereka saat remaja dan dewasa.

Dari hasil pemantauan dan pengukuran terhadap 435 anak menunjukkan adanya peningkatan berat dan tinggi badan di hampir semua anak yang mendapatkan serbuk Nutrilite Little Bits. Data Dinas Kesehatan menunjukan terdapat 414 anak yang mengalami peningkatan perbaikan gizi, 21 turun status gizinya yang disebabkan karena adanya penyakit bawaan yang menyebabkan si anak tidak bisa mengalami perbaikan gizi.

Pemberian asupan gizi yang tepat berkaitan erat dengan pola asuh orang tua. Hal ini menjadi topik utama pada penyuluhan kali ini untuk para relawan kesehatan yang bertugas menularkan pengetahuannya kepada ibu ibu di masyarakat sekitar mereka.

“Kurangnya pengetahuan orang tua tentang pentingnya gizi seimbang untuk anak diawal pertumbuhan mereka bisa mengakibatkan anak – anak mengalami hambatan dalam pertumbuhannya bahkan menjadi obesitas,” ujar Ahli Gizi Rita Ramayulis, DCN, M.Kes. pada penyuluhan bertajuk “Pola Asuh & Nutrisi untuk Anak Sehat dan Cerdas”. jelasnya.

Rita dalam paparannya menyatakan, gizi ibu yang tidak optimal juga menjadi salah satu penyebab masalah kurang gizi pada balita. Oleh karena itu, setiap ibu harus selalu mengonsumsi makanan yang seimbang gizinya. Apabila sedang dalam masa menyusui, apa yang ibu makan itulah yang akan diberikan kepada bayinya melalui ASI. Sedangkan setelah masa menyusui selesai, ibu juga memiliki peranan penting karena ibu lah yang sering membeli dan memasak makanan yang akan disajikan kepada seluruh keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper