Muamalat Salurkan Donasi ke Pesantren Ma'ruf Amin

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menyerahkan bantuan dana senilai Rp50 juta untuk pengembangan pendidikan di Pondok Pesantren An Nawawi, Tanara, Banten.
Muhammad Khadafi | 13 Juli 2018 20:53 WIB

Bisnis.com, BANTEN – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menyerahkan bantuan dana senilai Rp50 juta untuk pengembangan pendidikan di Pondok Pesantren An Nawawi, Tanara, Banten.

Donasi ini dilakukan di sela-sela peringatan Haul Al Magfurlah Syaikh Nawawi Al-Bantani yang ke-125.

Syaikh Nawawi adalah ulama internasional yang juga guru para pendiri berbagai ormas Islam di Indonesia termasuk Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. 

Bantuan dari Bank Muamalat ini akan digunakan untuk pengembangan pesantren yang dikelola oleh Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin.

"Dana ini akan kami manfaatkan seoptimal mungkin untuk kemanfaatan, salah satunya sebagai beasiswa untuk santri. Termasuk juga untuk bank wakaf," katanya di Banten, Jumat (13/7/2018).

Dia menjelaskan, sudah ada 300 orang yang mendapat pinjaman tanpa bunga dari bank wakaf. Ditargetkan akan ada 1.000 orang yang mendapat pinjaman. Dana yang dikelola mencapai Rp4 miliar. 

Direktur Kepatuhan Bank Muamalat Andri Donny mengatakan, sumbangan dari perseroan ini merupakan wujud dari tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibilty (CSR). 

Donasi ini adalah rangkaian dari pemberian dana zakat yang disalurkan ke beberapa pondok pesantren.

"Kami berharap donasi ini dapat bermanfaat bagi santri khususnya dalam hal pengembangan keuangan Islam," katanya.

Adapun Bank Muamalat Indonesia merupakan pionir perbankan syariah yang didirikan pada 1 November 1991.

Bank ini dimiliki oleh pemegang saham Islamic Development Bank atau IDB (32,7%), Boubyan Bank (22,0%), Atwill Holdings Limited, Saudi Arabia (17,9%), National Bank of Kuwait (8,45%), dan beberapa badan usaha dan individu lain. Boubyan Bank dimiliki oleh National Bank of Kuwait.

Tag : bank muamalat, donasi
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top