Jimmy Wales: Penggemar Ensiklopedi yang Sukses dengan Wikipedia

Wikipedia saat ini menjadi situs ensiklopedia terbuka yang terbesar di dunia. Di balik kesuksesannya ada seorang Jimmy Wales, yang mendirikan situs dengan peringkat 5 yang paling dikunjungi menurut Alexa.com ini pada tahun 2001
Aprianto Cahyo Nugroho | 09 Oktober 2018 12:24 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Wikipedia saat ini menjadi situs ensiklopedia terbuka yang terbesar di dunia. Di balik kesuksesannya ada seorang Jimmy Wales, yang mendirikan situs dengan peringkat 5 yang paling dikunjungi menurut Alexa.com ini pada tahun 2001.

Masa muda

Pria bernama lengkap Jimmy Donal Wales ini lahir di Huntsville, Alabama pada 7 Agustus 1966. Seperti dilansir Biography.com, Jimmy memulai pendidikannya pada sekolah milik ibu dan neneknya hingga kelas delapan.

Dalam lingkungan pembelajaran yang berbasis Montessori, Jimmy menghabiskan banyak waktu membaca ensiklopedi. Dia memuji pendidikan mandiri ini karena dapat mengembangkan kemampuannya untuk berpikir kreatif.

Jimmy kemudian masuk ke sekolah persiapan Randolph dan belajar di bidang keuangan di Universitas Auburn. Setelah lulus, ia mengambil program doktoral di bidang keuangan di University of Alabama. Wales kemudian pindah ke Indiana University sebelum berhenti kuliah dan bekerja di perusahaan jasa keuangan.

Wikipedia

Wales tertarik dengan internet sejak awal. Pada tahun 1996, ia meninggalkan pekerjaannya di perusahaan jasa keuangan dan mendirikan startup bernama Bornis. Meskipun perusahaan tersebut tidak berhasil, Wales termotivasi untuk mengejar visinya yang ingin menciptakan ensiklopedia berbasis daring.

Pada Maret 2000, ia meluncurkan Nupedia, sebuah situs referensi konten terbuka yang termoderasi. Dia kemudian merekrut seorang akademisi, Larry Sanger, sebagai pimpinan redaksi Nupedia.

Sanger belajar tentang wiki pada tahun 2001 dan Jimmy setuju untuk mengadopsi model tersebut. Wikipedia dan Nupedia hidup berdampingan untuk waktu yang singkat, dengan Wikipedia menarik lebih banyak traffic internet serta partisipasi.

Akan tetapi, tanpa pendanaan untuk melanjutkan posisinya, Sanger mengundurkan diri dari kedua organisasi pada tahun 2002. Sanger dan Jimmy kemudian memperdebatkan peran Sanger di Wikipedia. Sanger menganggap dirinya sebagai co-founder, sementara Wales mengklaim kepemilikan konseptual total atas perusahaan.

Pada tahun 2003, Jimmy mendirikan yayasan nirlaba Wikimedia Foundation untuk  mengawasi, mendorong pertumbuhan, pengembangan, dan distribusi konten multibahasa gratis, dan untuk menyediakan konten lengkap dari proyek-proyek berbasis wiki kepada publik secara gratis.

Wikimedia Foundation mengoperasikan beberapa proyek referensi yang paling banyak diedit secara kolaboratif di dunia, termasuk Wikipedia sendiri, yang saat ini menjadi situs peringkat 5 yang paling banyak dikunjungi di dunia menurut Alexa.com.

Dalam wawancara tahun 2004 dengan Slashdot, Jimmy menjelaskan motivasinya mendirikan Wikipedia. “Bayangkan sebuah dunia di mana setiap orang di planet ini diberi akses gratis ke semua pengetahuan manusia. Itulah yang kami lakukan,” ungkapnya, seperti dikutip Jimmywales.com.

Keberhasilan proyek iini telah membantu mempopulerkan tren dalam pengembangan web yang bertujuan untuk memfasilitasi kreativitas, kolaborasi, dan proses berbagi antar pengguna.

Seiring berkembangnya Wikipedia, Jimmy mengambil peran sebagai juru bicara dan promotor proyek melalui penampilan media. Karyanya dengan Wikipedia mendorong Majalah TIME untuk memasukkannya sabagai salah satu dari "100 Tokoh Paling Berpengaruh" pada tahun 2006 dalam kategori "Ilmuwan & Pemikir".

Bisnis Lain

Pada tahun 2004, Jimmy dan rekannya Angela Beesley mendirikan perusahaan internet nirlaba yang disebut Wikia, meskipun ia kemudian mengundurkan diri dari posisinya sebagai CEO di perusahaan pada tahun 2009.

Wales mulai memberikan saran bagi pemerintah Inggris mengenai potensi inisiatif dengan akses terbuka pada tahun 2012. Tujuan dari proyek ini adalah untuk membuat penelitian yang didanai pemerintah tersedia bagi wajib pajak tanpa biaya apapun.

Selain posisi bayarannya, Wales melayani di dewan penasihat dari sejumlah yayasan akademis dan pusat penelitian.

Tag : wikipedia
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top