Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kenalan dengan Jimmy Wales, 'Selebriti Web' Pendiri Wikipedia

Pendiri Wikipedia dikenal sebagai selebriti web, simak profil dan perjalanan kariernya.
Jimmy Wales/bloomberg
Jimmy Wales/bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Jimmy Wales merupakan sosok pendiri dari Wikipedia yang lahir pada tanggal 7 Agustus 1966. Sebagai pendiri Wikipedia, dia dinobatkan sebagai “selebriti web” oleh majalah Forbes.

Selain dikenal sebagai pendiri Wikipedia, Jimmy Donal Wales adalah seorang wirausahawan Internet AS yang mendirikan Wikipedia, Ensiklopedia dengan konten gratis yang berkolaborasi secara internasional di Internet dan Wikimedia Foundation.

Dia juga adalah salah satu pendiri Wikia, layanan hosting web gratis milik pribadi yang didirikan pada tahun 2004.

Wikipedia muncul pertama kali pada bulan Maret 2000 ketika Wales memulai Nupedia (ensiklopedia gratis) yang ditandai dengan proses peninjauan yang luas. Artikel-artikelnya dirancang untuk memiliki kualitas yang sebanding dengan ensiklopedia profesional.

Pada tahun 2003, Wales mendirikan Wikimedia Foundation, sebuah organisasi amal nirlaba yang didedikasikan untuk mendorong pertumbuhan, pengembangan, dan distribusi konten multibahasa yang gratis. Wikimedia Foundation mengoperasikan beberapa proyek referensi yang disunting secara kolaboratif terbesar di dunia.

Pada tahun 2004, Wales mendirikan perusahaan nirlaba Wikia, Inc. yang merupakan kumpulan wiki individu tentang subjek yang berbeda, semua ditempatkan dalam situs web yang sama.

Dalam perjalanannya, Wales diakui oleh Forum Ekonomi Dunia sebagai salah satu “Pemimpin Global Muda” pada tahun 2007. Penghargaan ini memberikan pengakuan kepada 250 pemimpin muda terbaik di seluruh dunia atas pencapaian mereka untuk berpartisipasi dalam membangun masa depan dunia.

Selain sukses menjadi pendiri Wikipedia, Wales juga mendapatkan gelar magister di bidang keuangan dari Auburn University dan memulai program Ph.D. keuangan di University of Alabama.

Selain itu, dia turut mengambil mata kuliah yang ditawarkan di program Ph.D. keuangan di Indiana University. Selain melakukan studi, dia juga mengajar di kedua universitas tersebut, tetapi dia tidak menulis tesis doktoral yang diperlukan untuk mendapatkan gelar Ph.D.

Pada tahun 1994 sampai 2000, Wales menjadi direktur riset di Chicago Options Associates yang merupakan sebuah perusahaan perdagangan berjangka dan opsi di Chicago.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper