Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sejarah 7 Agustus, Kelahiran Pendiri Wikipedia Jimmy Wales

Jimmy Wales, yang bernama lengkap Jimmy Donal Wales, lahir 8 Agustus 1966, Huntsville, Alabama, AS adalah seorang pengusaha Amerika, yang mendirikan Wikipedia
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 07 Agustus 2022  |  06:48 WIB
Sejarah 7 Agustus, Kelahiran Pendiri Wikipedia Jimmy Wales
Jimmy Wales pendiri Wikipedia - invostopress

Bisnis.com, JAKARTA - Pada 7 Agustus 1966 atau 56 tahun lalu, Jimmy Wales, Penemu Wikipedia lahir.

Jimmy Wales, yang bernama lengkap Jimmy Donal Wales, lahir 8 Agustus 1966, Huntsville, Alabama, AS adalah seorang pengusaha Amerika, yang mendirikan Wikipedia, ensiklopedia berbasis Internet gratis yang beroperasi di bawah gaya manajemen sumber terbuka.

Wales menerima gelar di bidang keuangan dari Auburn University (BS) dan University of Alabama (MS). Dari tahun 1994 hingga 2000 dia adalah seorang pedagang opsi di Chicago, mengumpulkan cukup uang untuk memungkinkan dia berhenti dan memulai perusahaan Internetnya sendiri.

Wales adalah pemuja objektivisme, dan pada tahun 1989 ia mulai memoderasi Daftar Diskusi Filsafat Ayn Rand online. Pada bulan Maret 2000, mungkin terinspirasi oleh "keterbukaan" objektivis, ia mendirikan ensiklopedia online gratis bernama Nupedia, yang mencari kontribusi gratis dari para sarjana dan pakar lainnya dan mengarahkan mereka ke proses peer-review intensif.

Frustrasi oleh lambatnya kemajuan proyek ini, pemimpin redaksi Wales dan Nupedia, Larry Sanger, pada tahun 2001 beralih ke teknologi baru, sejenis perangkat lunak yang disebut wiki, untuk membuat Wikipedia, situs ensiklopedia pendamping yang dapat disumbangkan dan diedit oleh siapa saja.

Sanger dan Wales berpisah pada tahun 2002, tetapi mereka terus memperdebatkan siapa yang pertama kali muncul dengan ide untuk menggunakan perangkat lunak wiki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wikipedia kamus kelahiran
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top