Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Sakti Menjadi Entrepreneur Sukses

Tak ada kata terlambat untuk menjadi pengusaha. Banyak juga entrepreneur berani memulai bisnis saat usia sudah tak muda.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 31 Januari 2020  |  18:05 WIB
entrepreneur (ilustrasi)
entrepreneur (ilustrasi)

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak ada kata terlambat untuk memulai suatu usaha. Usia juga tak menjadi patokan kapan seseorang akan berhasil.

Ingatlah, semangat menjadi modal utama dalam membuka suatu usaha. Hal yang tak kalah penting adalah strategi, yang perlu disusun agar kisah perjualan bisa terus berjalan, hingga kesuksesan menghampiri:

Berikut dasar yang perlu dimiliki seseorang bila ingin menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur:

1. Tak ada kata terlambat. Banyak entrepreneur yang memulai bisnis saat usia sudah tak muda. Misalnya saja pemilik KFC (Kentucky Fried Chicken) yang memulai bisnisnya pada usia 62 tahun. Namun, jangan menunggu sampai usia 62 tahun untuk menjadi entrepreneur ya..

Mari intip pengusaha puding lembut asal Indonesia . Mereka adalah kakak beradik, Adrian Christopher Agus dan Eugenia Patricia Agus merintis bisnis puding, Puyo Dessert. Puding ini mulai dipasarkan melalui instagram.

Alhasil, silky desserts memiliki penggemar tersendiri dan direspon positif oleh pengguna media sosial, dan menciptakan fenomena baru. Ketekunan dua bersaudara membawa mereka masuk ke '30 Under 30 Asia Forbes.

Dunia usaha mandiri lebih digemari para milenial

Bisnis puding dengan merek Puyo dibangun oleh dua bersaudara. Puding ini memiliki cabang di kota-kota besar di Indonesia (ilustrasi/Antara)

2. Berani mempromosikan diri sendiri. Jiwa entrepreneur harus memiliki rasa percaya diri. Tak perlu malu mempromosikan produk yang dihasilkan atau barang yang dijual melalui media sosial.

3. Perjalan dimulai dari langkah demi langkah. Dalam dunia bisnis, tak ada kata instan. Mulailah perjalanan entrepreneur dengan mengambil risiko-risiko kecil dan hal tersebut akan mengajarimu untuk menghadapi peristiwa yang besar.

4. Belajar dari pengalaman orang lain. Kisah-kisah sukses berawal dari kegagalan-kegagalan. Maka pelajarilah kegagalan yang dilakukan orang lain dan jangan mengulangi hal tersebut.

Luangkanlah waktu untuk membaca, riset dan berdiskusi dengan orang-orang yang positif. Seraplah sebanyak-banyaknya pengalaman dari orang lain untuk menambah ilmu yang dibutuhkan dalam bisnis anda.

5. Rancang perencanaan. Sebab, perencanaan yang baik adalah awal dari kesuksesan. Kenali produk yang akan dijual, pahami kondisi pasar dan tentukan lokasi yang strategi.

Ingatlah, dalam merancang strategi bisnis, jangan lupa membuka catatan atau mengingat kembali kisah sukses entrepreneur. Tiru dan aplikasikanlah dalam bisnismu.

6. Lakukan dengan cinta. Cintailah segala yang dilakukan. Bisnis akan terus berjalan bila anda membangun usaha dengan sepenuh hati.

Dalam dunia bisnis, jatuh dan bangun berkali-kali bukanlah hal baru. Jatuh dan bangunlah. Jatuh dan bangunlah kembali. Tak perlu takut merasa gagal dan habiskanlah kegagalan secepat mungkin.

Sebab, kegagalan adalah awal dari kesuksesan. Evaluasi segala kegagalan yang telah terjadi. Tetaplah positif dan rancang ulang strategi barumu dengan semangat baru.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cinta tips cinta
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top