Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dua Menu Ini Masih Favorit, Bisa Jadi Peluang Bisnis Menggiurkan

Kuliner praktis dapat menjadi peluang bagi masyarakat yang ingin mencoba usaha kuliner dan membantu menambah penghasilan keluarga. Apalagi saat ini konsumen semakin mudah untuk menjelajah berbagai kuliner melalui smartphone.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 09 Februari 2020  |  22:14 WIB
ilustrasi,
ilustrasi,

Bisnis.com, JAKARTA – Tren makanan  yang lebih praktis dan ringkas seperti ricebowl dan bobba saat ini menjadi menu yang sangat digemari oleh para konsumen, cara memasaknya pun sangat mudah dilakukan

Chef Bara Pattiradjawane mengatakan tren menu kuliner praktis tersebut dapat menjadi peluang bagi masyarakat yang ingin mencoba usaha kuliner dan membantu menambah penghasilan keluarga. Apalagi saat ini konsumen semakin mudah untuk menjelajah berbagai kuliner melalui smartphone.

“Kuliner ini  bidang yang tidak pernah sepi konsumen dan selalu melahirkan tren-tren makanan baru dengan peminat yang luar biasa. Untuk bobba saja, teman saya bisa memesan sampai 3 kali sehari, bisa dibayangkan yang jadi penjualnya laris banget,” ujarnya dalam rilis yang diterima Bisnis, Minggu (9/2/2020).

Dua menu tersebut yang kemudian diajarkan oleh Chef Bara kepada ratusan istri mitra driver Gojek dalam kelas masak yang diadakan Gojek lewat Pelatihan Gojek Swadaya bertajuk “Cerdik Berwirausaha Bareng Gojek Swadaya di Gelanggang Remaja Pancoran, Jakarta.

Antusiasme ratusan ibu-ibu semakin menjadi ketika Chef ternama tanah air, Bara yang memimpin kelas hari itu berkeliling untuk mencicipi hasil masakan yang telah dibuat. Ada dua menu yang Chef Bara ajarkan siang itu, yakni Rice Bowl Spicy Chicken Teriyaki dan minuman kekinian yang tengah populer Mango Milk Tea Bobba.

“Dari pengalaman saya memasak selama lebih dari 40 tahun, makanan atau bidang kuliner itu bisa dikatakan sektor usaha yang pasarnya sangat besar. Apalagi teknologi sekarang sudah semakin mempermudah dan semakin mendekatkan diri ke konsumen. Sisanya, hanya dari diri kita yang harus punya niat kuat dan gigih menjalankan usaha,” ucap Chef Bara.

Di kelas ini, Chef Bara juga memberikan berbagai tips mengenai manajemen dapur dan manajemen memasak yang wajib diketahui oleh para ibu-ibu yang ingin mencoba usaha kuliner. Termasuk juga pentingnya menjaga kebersihan serta menimbang bahan-bahan masakan yang digunakan agar menghasilkan cita rasa yang pas dan konsisten.

VP Region Ops & Jabodetabek Gojek Gede Manggala mengatakan pelatihan memasak ini merupakan bagian dari program Gojek Swadaya yang ditujukan untuk membantu keluarga mitra untuk bisa meningkatkan pendapatannya.

“Sejauh ini, sudah lebih dari 2.300 keluarga mitra mengikuti pelatihan Gojek Swadaya dan telah terbukti dapat meningkatkan penghasilan keluarga Rp 1-4 juta tiap bulannya. Bahkan, di Tasikmalaya ada yang berhasil meraih omset hingga Rp. 20 juta  perbulan setelah mengikuti pelatihan ini.”

Dari pelatihan masak ini, ratusan istri mitra driver juga mendapatkan pengetahuan baru mengenai cara menghitung kisaran harga penjualan makanan berdasarkan bahan-bahan yang digunakan. Selain itu, juga menetapkan harga pasar yang menjangkau konsumen, serta perhitungan keuntungan.

“Saya harap apa yang saya bagikan hari ini bisa bermanfaat dan mendorong mereka untuk berani mencoba usaha kuliner. Satu hal yang saya pesan kepada para istri mitra driver yang hadir untuk jangan mudah menyerah, terus berusaha, dan terus belajar. Semoga niat baik yang diinginkan untuk bisa bantu ekonomi keluarga bisa terlaksana dengan hasil yang baik,” tutup Chef Bara.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top