Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astra Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat di 6 Kabupaten di Jabar

Astra berinisiatif mengembangkan kewirausahaan masyarakat melalui Desa Sejahtera Astra. Program ini bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
Petani memanen kopi arabika di Desa Mekarmanik, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (20/6/2019)./ANTARA-Raisan Al Farisi
Petani memanen kopi arabika di Desa Mekarmanik, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (20/6/2019)./ANTARA-Raisan Al Farisi

Bisnis.com, JAKARTA-- Melalui program kontribusi sosial berkelanjutan Desa Sejahtera Astra, Astra secara bertahap menyerahkan bantuan senilai total Rp4 miliar untuk 56 desa di enam kabupaten yang tersebar di Jawa Barat.

Bantuan yang diserahkan Desa Sejahtera Astra sejak enam bulan lalu itu, berupa pelatihan, pendampingan serta alat produksi guna mengangkat taraf hidup masyarakat di sekitar kabupaten tersebut.

Chief of Corporate Affairs Astra Pongki Pamungkas mengatakan bahwa pendampingan untuk pengembangan keterampilan dan keahlian masyarakat di desa setempat dilakukan Desa Sejahtera Astra bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor.

“Astra senantiasa berinisiatif mengembangkan kewirausahaan masyarakat melalui Desa Sejahtera Astra di antaranya di Garut. Langkah ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa,” ujarnya dalam siaran resmi yang diterima Bisnis, Senin (10/2/2020).

Sebagai bagian dari bantuan tersebut, sebanyak 15 Desa Sejahtera Astra di Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang menerima bantuan senilai Rp300 juta untuk meningkatkan kualitas produk kopi, peternakan sapi dan sayur-sayuran dari tiap-tiap desa binaan.

Penyerahan bantuan dilaksanakan di Desa Sejahtera Astra Mekar Jaya, Kabupaten Garut, dihadiri oleh Rektor Institut Pertanian Bogor Arif Satria, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Garut AJI Sukarmaji, Kepala Bidang DPMD Jawa Barat Firman Oktaviana, perwakilan dari Astra Bondan Susilo, dan perwakilan Grup Astra Tasikmalaya Yohannes Kurniawan.

Untuk produk kopi, Astra menyerahkan bantuan berupa alat pengukur kemanisan, greenhouse untuk menjemur kopi, dan perlengkapan pengelolaan kopi. Untuk ternak sapi, bantuan berupa pemberian kandang sapi, mesin pencacah untuk pembuatan pakan dan peralatan penunjang. Serta alat penunjang pertanian untuk sayur-mayur.

Tercatat 2.500 masyarakat dari 15 Desa Sejahtera Astra Kabupaten Garut telah berpartisipasi untuk meningkatkan produk unggulan tiap-tiap desa.

Produk-produk yang layak untuk dipasarkan dikembangkan oleh IPB dan diberikan kepada off-taker melalui aplikasi Desa Sejahtera Agro dengan nilai yang sesuai. Hal ini dapat membantu tujuan Astra dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di 15 Desa Sejahtera Astra Kabupaten Garut.

Pada kesempatan yang sama, Astra melalui Desa Sejahtera Astra Cibuluh, Kabupaten Subang, Jawa Barat, melakukan pembukaan Festival Angin bersamaan dengan hari ulang tahun desa yang ke-92. Proses menyambut musim angin barat dari arah laut Jawa Indramayu menuju area selatan Jawa, merupakan tradisi tahunan bagi masyarakat setempat.

Festival Angin yang diberikan tema Murba Bayu (kuasa dan angin) berlangsung selama bulan Februari 2020. Seluruh perkampungan dari DSA Cibuluh dengan jumlah penduduk 5.221, menjadikan baling-baling bambu, layangan, dan bendera sebagai penghias utama.

Mengingat pariwisata dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, Astra turut meramaikan Festival Angin dengan mengajak para komunitas sepeda dari wilayah Bandung serta beberapa komunitas budaya, guru-guru seni budaya dan para mahasiswa fakultas seni dari kampus Universitas Pendidikan Indonesia untuk memperkenalkan dan meramaikan Desa Wisata Cibuluh.

Kemeriahan Festival Angin akan terus berlangsung melalui paparan aneka seni rakyat dari tanggal 15 Februari - 16 Februari 2020, dilanjutkan dengan jelajah kampung dari 22 Februari - 23 Februari 2020, dan ditutup pada akhir Februari 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper