Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Membina Keluarga Mitra Berwirausaha ala Gojek Swadaya

Ratusan ibu-ibu mengenakan celemek terlihat sangat antusias mengikuti langkah demi langkah memasak rice bowl dan boba, dua jenis kuliner populer saat ini. Mereka adalah para istri mitra driver Gojek yang tengah mengikuti kelas memasak di program pelatihan Gojek Swadaya bertajuk ‘Cerdik Berwirausaha bareng Gojek Swadaya’ yang digelar di GOR Pengadegan, Jakarta, akhir pekan lalu.
Puput Ady Sukarno & Bambang Supriyanto
Puput Ady Sukarno & Bambang Supriyanto - Bisnis.com 10 Februari 2020  |  20:23 WIB
Gede Manggala, VP Region Ops & Jabodetabek Gojek (kanan) tengah memberikan paparan dalam program pelatihan Gojek Swadaya bertajuk 'Cerdik Berwirausaha bareng Gojek Swadaya' yang digelar di GOR Pengadegan, Jakarta. Bisnis - Istimewa
Gede Manggala, VP Region Ops & Jabodetabek Gojek (kanan) tengah memberikan paparan dalam program pelatihan Gojek Swadaya bertajuk 'Cerdik Berwirausaha bareng Gojek Swadaya' yang digelar di GOR Pengadegan, Jakarta. Bisnis - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Ratusan ibu-ibu mengenakan celemek terlihat sangat antusias mengikuti langkah demi langkah memasak rice bowl dan boba, dua jenis kuliner populer saat ini. Mereka adalah para istri mitra driver Gojek yang tengah mengikuti kelas memasak di program pelatihan Gojek Swadaya bertajuk ‘Cerdik Berwirausaha bareng Gojek Swadaya’ yang digelar di GOR Pengadegan, Jakarta, akhir pekan lalu.

Kelas memasak itu tak sembarangan, karena para istri mitra driver langsung mendapat ilmu dari salah satu chef terkenal di dunia kuliner yaitu Bara Pattiradjawane.

Gede Manggala, VP Region Ops & Jabodetabek Gojek di sela-sela acara mengatakan, pelatihan tersebut merupakan bagian dari upaya Gojek membantu keluarga mitra supaya bisa membuka usaha di bidang kuliner.

“Tujuan Gojek Swadaya adalah meningkatkan kapabilitas, kompetensi serta potensi peningkatan pendapatan mitra driver dan keluarganya. Salah satu programnya adalah pelatihan ini. Dengan mengombinasikan metode pelatihan yang efektif dari Gojek Wirausaha, para expert serta kelebihan fitur dalam ekosistem Gojek, kami harap semakin banyak mitra driver dan keluarga yang merasakan manfaat dari program ini,” ujarnya.

Menurut Gede, kelas memasak dipilih karena dianggap sangat cocok bagi ibu-ibu untuk memulai berwirausaha, selain karena pasarnya yang luas, usaha di bidang kuliner juga tidak memerlukan modal yang besar.

Sejauh ini, sudah lebih dari 2.300 keluarga mitra mengikuti pelatihan Gojek Swadaya dan telah terbukti dapat meningkatkan penghasilan keluarga Rp1 juta—Rp4 juta tiap bulannya. Bahkan, di Tasikmalaya ada yang berhasil meraih omzet hingga Rp20 juta per bulan setelah mengikuti pelatihan tersebut.

Sementara itu, Bara Pattiradjawane yang memimpin kelas memasak kali ini mengatakan, “Senang sekali berbagi ilmu dan pengalaman dengan para istri mitra driver. Seru sekali melihat semangat ibu-ibu yang sangat passionate dalam dunia kuliner. Masakan bagi saya bukan hanya sekadar rasa, tapi juga kualitas, penampilan dan proses memasak yang efektif, efisien, dan higienis. Inilah yang ingin saya bagikan ke para istri mitra driver di sini, sehingga bisa dijadikan bekal mereka dalam memulai bisnis kuliner.”

Selain kelas memasak, pada kegiatan ‘Cerdik Berwirausaha bareng Gojek Swadaya’ ini para istri mitra driver juga diajarkan berbagai keterampilan lain seperti kelas memotret makanan agar terlihat menarik, hingga kelas pemasaran yang dikombinasikan dengan metode pelatihan Gojek Wirausaha.

Dengan dibekali berbagai keahlian tersebut, mereka kemudian dapat bergabung ke dalam ekosistem Gojek dengan menjadi merchant GoFood, GoPay ataupun GoSend sehingga dapat mengembangkan bisnis lebih besar.

Tak hanya itu, Gojek juga melakukan pendampingan dan memberikan dukungan yang diperlukan selama 3 bulan setelah pelatihan, dengan harapan para peserta pelatihan kewirausahaan dapat terus maju dan lancar dalam berwirausaha.

Dengan mengikutsertakan usaha kuliner para istri mitra dalam ekosistem GoFood, teknologi Gojek mampu membantu para merchant untuk mengembangkan skala bisnisnya. Perkembangan positif ini terlihat dari rata-rata merchant GoFood UMKM mengalami peningkatan omzet hingga 3,5 kali lipat sejak mereka bergabung.

Sejauh ini, pelatihan Gojek Swadaya telah diadakan di kota-kota besar di Indonesia seperti Bandung, Palembang, Surabaya, Serang dan kini Jabodetabek. Selain pelatihan memasak, Gojek Swadaya juga menghadirkan kelas Bahasa Inggris bagi anak mitra.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gojek
Editor : Surya Mahendra Saputra
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top