Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pentingnya Dana Darurat untuk Hadapi Pandemi Virus Corona

Sumber pemasukan yang terdampak virus corona bisa diselamatkan bila sudah mempersiapkan dana darurat. Berapa dana darurat yang dibutuhkan untuk hadapi pandemi virus corona?
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 Maret 2020  |  08:15 WIB
Ilustrasi - Primalgirl
Ilustrasi - Primalgirl

Bisnis.com, JAKARTA - Menghadapi pandemi virus corona, dibutuhkan dana darurat sebagai antisipasi jika kebutuhan mendesak sementara penghasilan terbatas.

Sumber pemasukan yang terdampak virus corona bisa diselamatkan bila sudah mempersiapkan dana darurat. Berapa dana darurat yang dibutuhkan untuk hadapi pandemi virus corona?

Farah Dini Novita, Co-Founder and Vice-CEO perusahaan konsultan keuangan Jouska Indonesia mengungkapkan jumlah ideal dana darurat di tengah pandemi.

"Di kondisi sekarang, harus ada dana darurat yang bisa menutupi kehidupan selama 12 bulan ke depan kalau mau aman," tutur Farah di konferensi pers Shopee, Jakarta, Kamis.

Agar tidak terpakai untuk kebutuhan non-darurat, Farah menyarankan untuk mengalokasikan dana darurat di tabungan atau deposito yang terpisah dari pengeluaran sehari-hari.

"Tidak boleh diotak-atik kecuali darurat."

Ia mengajak orang-orang untuk mulai mencatat pengeluaran, lalu memprioritaskan belanja untuk kebutuhan primer semata. Di masa pandemi, sebaiknya tahan dulu pengeluaran sekunder yang tidak betul-betul diperlukan.

Farah mengatakan sebelum menentukan jumlah dana darurat, seseorang harus memetakan penghasilan dan pengeluaran rutin tiap bulan. Pemetaan ini penting agar rencana keuangan yang disusun sesuai kebutuhan masing-masing.

"Dana darurat ini harus disisihkan setiap bulannya sebelum memutuskan untuk melakukan investasi, membeli saham, dan membeli keinginan lainnya."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dana darurat

Sumber : Antara

Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top