Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

6 Karakter Pengusaha Sukses. Apakah Anda Memiliki Salah Satunya?

Semangat belajar yang tinggi, mandiri dan tak terburu-buru adalah beberapa karakter pengusaha sukses.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 12 Mei 2020  |  16:54 WIB
Pengusaha sukses tak akan pernah menyerah dan memiliki semangat untuk terus belajar demi mencapai kesuksesan. - ilustrasi
Pengusaha sukses tak akan pernah menyerah dan memiliki semangat untuk terus belajar demi mencapai kesuksesan. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Apa artinya menjadi pengusaha sukses? Apakah terlahir sebagai orang yang ambisius? Memiliki kepribadian ekstrovert? Atau cukup karismatik untuk menarik perhatian konsumen?

Meskipun beberapa pengusaha memiliki sifat-sifat ini, mereka jarang mendefinisikan karakteristik setiap pengusaha yang sukses.

Tidak semua orang dilahirkan dengan dorongan untuk mengubah dunia. Faktanya, banyak pengusaha sukses saat ini adalah orang-orang yang mungkin Anda anggap remeh di sekolah.

Siapa pun bisa menjadi pengusaha sukses. Namun, ada beberapa ciri kepribadian utama yang dimiliki oleh semua, atau hampir semua, wirausahawan sukses seperti yang dilansir melalui Forbes.

1. Etika kerja yang baik

Pengusaha sukses tahu satu atau dua hal tentang etos kerja. Sering kali, mereka akan menjadi yang pertama tiba di kantor dan yang terakhir pergi.

Jika ada pekerjaan yang belum selesai, mereka akan berada di kantor pada akhir pekan, di hari libur dan bekerja sampai semuanya selesai. Saat santai pun, pikiran mereka terfokus pada pekerjaan.

2. Punya semangat tinggi

Etos dan semangat kerja berjalan beriringan. Dibutuhkan etos kerja untuk mempertahankan bisnis yang kuat dan semangat untuk membangun motivasi untuk mempertahankan etos kerja yang baik.

Apakah Anda pernah merasa begitu bersemangat tentang tugas sekolah yang akhirnya Anda mendapatkan nilai A? Perasaan sukses itu tak ternilai, dan itulah yang dirasakan pengusaha ketika mereka melihat hasil besar dari upaya yang mereka lakukan dalam pekerjaan mereka.

3. Kreatif

Perusahaan yang berkembang dibangun dari kreativitas liar pencipta mereka. Dengan persaingan yang agresif dewasa ini, para wirausahawan dihadapkan dengan ide-ide orisinal yang membedakan perusahaan mereka dari orang lain.

4. Pemula yang mandiri

Seorang pemula yang mandiri dan ambisius tidak puas dengan pekerjaan 9-to-5 yang menguras tenaga. Mereka tidak menyerah setelah dihadapi dengan tantangan pertama dan sering kali mengerjakan semuanya sesuai tenggat waktu.

Mereka berani mengambil inisiatif untuk sebuah pekerjaan dan berperan sebagai pemimpin. Mereka menyadari bahwa situasi sulit justru adalah tantangan yang dapat membantu mereka sebagai pengusaha dan membuat bisnis lebih kuat.

5. Meski ambisius, mereka memiliki sikap yang santai

Pengusaha yang sukses akan menghadapi segala ketidaknyamanan dan tidak takut untuk mulai dari awal. Bahkan, beberapa wirausahawan mungkin akan memberitahu Anda bahwa bisnis mereka ternyata jauh berbeda dari apa yang semula mereka bayangkan.

Seseorang yang easy-going selalu mengikuti arus, mengambil peluang baru ketika datang, tidak terjebak dalam pola pikir tertentu dan bersikap menerima perubahan dan bahkan kritik. Pengusaha sukses dapat mengubah situasi yang buruk dan menjadikannya keuntungan.

6. Semangat belajar tinggi

Tidak ada orang yang tahu segalanya. Bisnis baru tidak punya cukup dana untuk mempekerjakan banyak orang. Butuh waktu dan sumber daya untuk membangun tim. Itu berarti pengusaha perlu mempelajari segala sesuatu mulai dari akuntansi hingga pemasaran dari awal.

Pengalaman semacam ini adalah apa yang membuat wirausahawan ulung begitu berpengetahuan luas. Mereka sudah mengalaminya dan mempelajarinya semua sebelumnya. Jika Anda ingin menjadi pengusaha, baru memulai atau sudah memiliki cukup pengalaman, semua punya potensi untuk sukses.

Mengadopsi sifat-sifat ini akan membantu usaha Anda dalam jangka panjang, namun kemungkinan Anda sudah memilikinya jika Anda mengambil jalur kewirausahaan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pengusaha enterpreneur tips sukses
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top