Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Berbisnis Online Kini Makin Mudah Melalui E-Commerce Enabler

E-commerce enabler merupakan perusahaan yang menyediakan berbagai layanan untuk bisnis berbasis e-commerce.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 10 Juni 2020  |  20:03 WIB
UMKM bisa mengandalkan e-commerce dan media sosial untuk membangun bisnis. - ilustrasi
UMKM bisa mengandalkan e-commerce dan media sosial untuk membangun bisnis. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Para pelaku usaha dapat segera memulai bisnis online dengan memanfaatkan peluang usaha di sektor e-commerce. Pasalnya, selama masa pandemi Covid-19 perilaku konsumen berubah dari yang awalnya belum pernah berbelanja online, makin banyak yang melakukannya sedangkan yang telah terbiasa berbelanja online akan semakin sering.

Berdasarkan data dari sejumlah otoritas e-commerce dunia seperti Criteo-Perancis, terlihat adanya kenaikan transaksi e-commerce secara global hingga 50 persen. Bahkan di Asia Tenggara bisa melonjak hingga 80 persen. Sementara itu, menurut data Nielsen, 30 persen konsumen di Indonesia yang baru pertama kali berbelanja online akan kembali melakukannya.

Benny Tanadi, Presiden Direktur e-commerce enabler Egogo Hub Indonesia mengatakan kondisi ini harus segera dimanfaatkan oleh para pelaku usaha. Di Tokopedia sendiri, setidaknya telah terjadi penambahan dua juta penjual baru dalam kurun waktu tiga bulan sejak pandemi meluas di Indonesia.

Egogo Hub sebagai e-commerce enabler, biasanya menerima permintaan kerjasama dari brand lokal maupun luar negeri, baik skala UMKM maupun yang telah besar. Demikian juga email atau telepon dari orang-orang yang ingin meningkatkan penjualan e-commerce mereka atau yang baru ingin mulai.

“Sejak pandemi meluas, permintaan dan telepon ini meningkat tajam dan "dapat ditebak", mereka yang kemudian menjadi partner kami berhasil meraih hasil positif dalam waktu sangat cepat,” tuturnya, dalam rilis yang diterima Bisnis, Rabu (10/6/2020).

Menurutnya, peningkatan jumlah transaksi semua kategori produk yang ditangani Egogo Hub Indonesia. “Yang terkecil 20-30 persen namun hampir sebagian besar melambung di atas 100 persen, bahkan ada yang hingga 300 persen,” ujarnya.

E-commerce enabler sendiri merupakan perusahaan yang menyediakan berbagai layanan untuk bisnis berbasis e-commerce atau dalam istilah umum, “bisnis online.” Layanan yang diberikan biasanya bersifat A to Z, dari mulai urusan kreatif desain, foto/video produk, sampai pengepakan dan pengiriman barang.

Egogo Hub Indonesia atau perusahaan sejenis, adalah solusi bagi siapapun yang ingin berbisnis online namun punya keterbatasan sumber daya, infrastruktur, pengalaman maupun keahlian khusus yang dibutuhkan untuk menjalankannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis online peluang bisnis e-commerce
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top