Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

4 Cara untuk Menghindari Kesendirian sebagai Solopreneur

Anda dapat membangun koneksi sebagai solopreneur dengan berpartisipasi dalam grup dan komunitas online.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 17 Juni 2020  |  12:21 WIB
Solopreneur bisa membangun jaringan sosial dan bekerja di co-working space untuk menggairahkan semangat - Briozone
Solopreneur bisa membangun jaringan sosial dan bekerja di co-working space untuk menggairahkan semangat - Briozone

Bisnis.com, JAKARTA - Menjadi solopreneur sewaktu-waktu dapat menjadi sulit. Sebab, seluruh pekerjaan dijalani sendiri tanpa rekan kerja untuk berbagi ide atau sekadar untuk melepas penat.

Bahkan jika Anda adalah seseorang yang menikmati menghabiskan waktu sendirian dan menyukai bekerja secara solo, rasa kesepian masih bisa muncul dan mungkin memicu stres.

Dilansir melalui Entrepreneur, Harvard Business Review mengungkapkan bahwa rasa kesepian dan interaksi sosial yang rendah dapat dikaitkan dengan pengurangan usia ekspektasi hidup seseorang seperti ketika mereka merokok 15 batang sehari dan bahkan lebih serius dari dampak obesitas.

Jika Anda ingin meningkatkan, tidak hanya kesehatan mental tetapi juga kesehatan fisik, tingkatkan intensitas interaksi sosial dengan orang-orang sekitar.

Selain itu, keempat kiat ini mungkin dapat membantu Anda dengan rasa kesepian sebagai solopreneur.

1. Berpartisipasi dalam grup dan komunitas online

Anda dapat membuat koneksi sebagai solopreneur dengan berpartisipasi dalam grup dan komunitas online. Bahkan mengobrol dengan orang-orang melalui layar komputer lebih baik daripada tidak berbicara dengan siapa pun selama berhari-hari.

Bergabung dengan grup profesional daring bahkan dapat memberikan Anda masukan dan wawasan bisnis yang berharga. Misalnya, jika Anda memiliki bisnis desain web, Anda dapat mencari forum dan grup online di Facebook atau LinkedIn yang khusus untuk desainer web. Karena grup diisi oleh orang-orang yang berpikiran sama, Anda dapat mengajukan pertanyaan, berbagi ide, atau mendapatkan umpan balik dari anggota lain.

2. Bekerja dari luar rumah

Bekerja dari rumah setiap hari akan membuat Anda merasa terasingkan. Untuk perubahan suasana dan meningkatkan interaksi dengan orang lain secara tatap muka, pertimbangkan untuk bekerja di luar rumah sesekali. Cobalah kedai kopi, restoran, atau perpustakaan umum.

Anda mungkin juga dapat berinvestasi sedikit pada suasana kantor yang nyata dengan menyewa co-working space. Di sini Anda bisa bergaul dengan solopreneur dan pekerja lepas lainnya.

Namun perlu diingat, dengan kondisi krisis kesehatan seperti sekarang, jarak sosial dan penggunaan alat pelindung diri tetap harus menjadi prioritas

3. Hadiri konferensi dan acara jejaring

Menghadiri konferensi, lokakarya, dan acara jejaring memungkinkan Anda bertemu dengan profesional lain di industri Anda serta meningkatkan keterampilan Anda. Anda tidak perlu bepergian atau memiliki anggaran besar untuk kegiatan ini, kemungkinan ada banyak acara di atau sekitar kota Anda sendiri.

Cek agenda Kamar Dagang setempat atau pusat pengembangan usaha kecil untuk detail acara lokal. Anda juga dapat menggunakan platform seperti Meetup untuk menemukan pertemuan lokal yang relevan dengan industri Anda. Jika tidak ada, mulai sendiri! Mungkin solopreneur lain di daerah Anda juga merasa kesepian.

4. Gunakan minat dan hobi Anda untuk interaksi sosial

Tidak semuanya harus tentang bisnis. Mengapa tidak menggunakan minat dan hobi Anda untuk terhubung dengan orang lain? Jika Anda tertarik pada kebugaran, bergabunglah dengan kelas pelatihan alih-alih pergi ke gym sendirian. Menikmati melukis? Pergi ke kelas grup melukis. Suka membaca novel? Bergabunglah dengan klub buku.

Berpartisipasi dalam aktivitas sosial yang tidak terkait dengan bisnis Anda mungkin bahkan memberi Anda kesempatan untuk terhubung dengan orang-orang tanpa memikirkan bisnis Anda untuk sementara waktu. Mungkin juga memberi Anda outlet untuk kreativitas Anda atau cara untuk mengurangi stres.

Hanya karena Anda menjalankan bisnis sendiri bukan berarti Anda harus menghabiskan seluruh waktu sendirian.

Gunakan tips ini untuk menghindari rasa kesepian sebagai solopreneur sehingga Anda dapat mengembangkan bisnis dan tetap semangat untuk melakukan pekerjaan yang harus Anda lakukan untuk berhasil.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wirausaha entrepreneurship peluang usaha
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top