Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Langkah Memulai Bisnis Jika Anda Masih Mahasiswa

Beberapa ide bisnis yang sekarang berkembang dan mendominasi dunia dimulai ketika pendirinya masih berstatus mahasiswa, salah satunya Facebook yang dikembangkan oleh Mark Zuckerberg.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 17 Juni 2020  |  19:14 WIB
Mahasiswa sedang belajar dalam ruang kelas
Mahasiswa sedang belajar dalam ruang kelas

Bisnis.com, JAKARTA -- Jika Anda memiliki impian untuk memulai bisnis, jangan biarkan waktu belajar di perguruan tinggi menghalangi semangat itu.

Beberapa ide bisnis yang sekarang berkembang dan mendominasi dunia dimulai ketika pendirinya masih berstatus mahasiswa, salah satunya Facebook yang dikembangkan oleh Mark Zuckerberg.

Jika Anda ingin membangun bisnis lebih awal, berikut adalah lima langkah untuk memulai bisnis saat kuliah menurut artikel About Manchester:

1. Penting untuk punya rencana yang matang.

Seperti halnya bisnis yang diusulkan, perencanaan yang luas merupakan prasyarat. Wacana bisnis Anda akan lebih cepat dihadapi hambatan jika strategi awal tidak solid.

Rencana ini dimulai dengan melakukan penelitian. Apakah ada celah di pasar untuk ide bisnis Anda? Apakah akan ada cukup banyak pelanggan potensial untuk membuat ide itu dapat bertahan?

Pesaing seperti apa yang akan Anda lawan? Ketika Anda memiliki jawaban positif untuk pertanyaan-pertanyaan ini, Anda dapat mulai bergerak maju dengan rencana bisnis.

2. Susun perencanaan keuangan yang ideal

Sebagian besar bisnis dimulai dengan modal yang sangat kecil. Kombinasikan kondisi ini dengan reputasi mahasiswa yang kekurangan uang, tampaknya tidak realistis untuk memulai bisnis saat masih kuliah.

Untungnya sekarang ada banyak opsi pembiayaan yang dapat dipertimbangkan. Namun yang paling penting adalah untuk menghitung kemampuan keuangan Anda sebelum melangkah untuk mengajukan pinjaman.

Anda tidak ingin memulai bisnis dengan seluruh modal hingga tidak ada sepeserpun tersisa untuk biaya operasional.

3. Atur waktu untuk belajar

Kecuali jika bisnis Anda menjamin pendapatan enam digit sejak awal, sekolah tetap harus menjadi prioritas sebelum bisnis. Oleh karena itu Anda harus cermat membagi waktu antara kuliah dan menjalankan bisnis.

Karena fleksibilitas diperlukan, disarankan untuk mengoperasikan perusahaan dari tempat tinggal Anda jika memungkinkan. Kamar asrama atau bahkan kamar cadangan mungkin bukan tempat yang paling ideal untuk bisnis, tetapi Anda dapat menghemat ongkos dan waktu perjalanan.

4. Manfaatkan situasi untuk keuntungan Anda

Status mahasiswa mungkin dapat dipandang sebagai penghalang bagi mimpi wirausaha Anda, tetapi Anda harus melihat situasi ini dengan positif. Pernahkah Anda mempertimbangkan jumlah pelanggan potensial yang tersedia di lingkungan kampus?

Beriklan di kampus dengan selebaran dan stan pameran adalah cara mudah untuk mempromosikan bisnis, jangan lupa untuk menerima izin dari kampus terlebih dahulu. Bisnis juga mudah dipasarkan melalui klub, komunitas, dan masyarakat sekitar.

5. Jangan berlebihan

Menjalankan bisnis itu sulit. Menyelesaikan pendidikan tinggi itu sulit. Kombinasikan keduanya, dan Anda memiliki situasi yang pada dasarnya akan menguras semua waktu dan upaya Anda.

Meski begitu, Anda perlu menghindari kecenderungna berusaha terlalu keras. Kesejahteraan Anda adalah prioritas, yang berarti Anda masih harus menemukan waktu untuk berolahraga, makan dengan baik, dan tidur tujuh hingga delapan jam setiap malam.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mahasiswa tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top