Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Pelajaran Kewirausahaan dari Atlet Elit

Meskipun sebagian besar dari kita tidak akan pernah bisa meniru kesuksesan atlet elit di lapangan, kita semua bisa belajar dari sifat-sifat yang memotivasi mereka.
Ilustrasi entrepreneur
Ilustrasi entrepreneur

Bisnis.com, JAKARTA -- Para atlet etlit tidak pernah berhenti mendorong diri mereka untuk tampil pada performa terbaik.

Baik ketika memenangkan medali emas atau membawa tim mereka ke kejuaraan, atlet elit selalu menemukan cara untuk memotivasi pikiran dan tubuh agar mampu melampaui kemampuan dasarnya.

Meskipun sebagian besar dari kita tidak akan pernah bisa meniru kesuksesan atlet elit di lapangan, kita semua bisa belajar dari sifat-sifat yang memotivasi mereka.

Dengan mempelajari kebiasaan dan pola pikir seorang atlet elit, kita dapat memperoleh wawasan penting tentang bagaimana menerjemahkan kesuksesan atletik ke dalam kewirausahaan.

Seperti dilansir melalui Entrepreneur, tujuh pelajaran dari atlet elit ini akan membantu Anda mencapai tujuan apa pun yang Anda tetapkan.

1. Pahami apa yang ingin Anda capai

Pengusaha mungkin memiliki tujuan besar dan mulia. Tetapi banyak yang mengalami kesulitan ketika hrus merealisasikan target yang solid, baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek, dan sering pula kesulitan menyusun rencana untuk mencapai tujuan tersebut.

Atlet elit, di sisi lain, tahu bahwa tidak ada penghargaan secara cuma-cuma tanpa kerja keras. Untuk menyapu kompetisi dan memenangkan kejuaraan, mereka tahu mereka harus menetapkan tujuan yang berproses dimulai dari target yang lebih kecil. Hal ini membantu mereka membangun keterampilan dasar mereka, serta kepercayaan diri dan kapasitas mental mereka untuk bersaing di tingkat yang semakin tinggi.

Seperti atlet, wiraswasta juga harus mampu menetapkan target realistis dan tidak perlu takut untuk mulai dari langkah kecil. Dari sana, Anda dapat berkembang dan mengambil tantangan yang lebih besar berbekal pengalaman yang sudah didapatkan sebelumnya.

2. Hadapi segala tekanan

Untuk menjadi sukses sebagai seorang atlet, Anda harus belajar untuk melakukan yang terbaik dengan kemampuan Anda, meskipun ada banyak risiko dan tekanan serta ketegangan yang luar biasa. Atlet elit tidak takut tekanan, mereka justru berkembang dari tekanan.

Demikian pula, wirausahawan harus belajar untuk tampil baik di bawah tekanan, bahkan dalam keadaan kacau dan ketidakpastian. Seorang wirausahawan harus menjaga kesadaran situasional dan terus membuat keputusan yang baik, bahkan di saat-saat yang sulit.

Cara terbaik untuk menangani tekanan adalah dengan percaya diri, apa pun situasinya. Saat Anda merasakan tekanan dan ketegangan, anggap itu sebagai waktu untuk fokus dan bersiap untuk menghadapinya. Jangan panik, ambil napas dalam-dalam dan maju ke depan. Itulah yang akan dilakukan seorang atlet.

3. Berpendirian teguh dan gigih

Angela Duckworth adalah seorang penulis dan psikolog yang mempelajari ciri-ciri apa yang membedakan orang-orang sukses. Dia telah menemukan bahwa orang-orang yang paling sukses memiliki grit, yang dia definisikan sebagai "disiplin diri, dikombinasikan dengan komitmen penuh semangat untuk suatu tugas dan keinginan yang membara untuk menyelesaikannya."

Jika mereka ingin sukses, pengusaha harus menumbuhkan grit atau kegigihan. Mereka harus memiliki ketahanan dalam menghadapi kesulitan, dan keuletan serta tekad yang diperlukan untuk mencapai tujuan mereka. Mereka harus mempertahankan sikap optimis, tetapi juga realistis dan mengenali bidang yang mereka perlu perkuat.

4. Fokus untuk masa sekarang

Di tengah sengitnya persaingan, pikiran seorang atlet elit hanya terfokus pada momen atau saat itu. Dengan kapasitas mental dan fisik mereka sepenuhnya terfokus pada tugas yang ada berarti mereka bekerja seefisien dan seefektif mungkin.

Pengusaha juga harus belajar bagaimana menjadi sadar (mindful) dan hidup pada masa sekarang. Perhatian mereka akan terbagi ke berbagai arah saat menangani beberapa tenggat waktu, proyek dan masalah. Dengan fokus hanya pada saat ini, Anda akan lebih produktif dan akan tetap terhubung dengan tugas yang ada. Ini memungkinkan Anda untuk memanfaatkan momen-momen itu sebaik-baiknya, untuk bisnis Anda.

5. Gunakan kompetisi untuk mendorong Anda lebih jauh

Juara kelas dunia telah mengembangkan kemampuan fisik mereka sehingga dapat mendorong diri bahkan ketika orang lain menyerah. Mereka melakukan ini karena mereka tahu apa yang mereka mampu dan menyadari bahwa hanya dengan mengerahkan diri mereka di luar batas, mereka dapat mencapai hasil terbaik. Mereka melakukannya karena tahu itu satu-satunya cara untuk menang.

Seringkali, wirausahawan dan orang "normal" lainnya tidak tahu kemampuan mereka dan tidak pernah benar-benar memaksakan diri untuk mencari tahu. Tidak ada yang salah dengan itu, tetapi kesuksesan kelas dunia tidak akan pernah datang dari mempertahankan zona nyaman. Hanya dengna merangkul kompetisi dan bersedia mengambil risiko dan menerima risiko, kita benar-benar belajar sejauh mana kita bisa melangkah.

6. Belajar dari kekalahan (dan kemenangan)

Realitas pada olahraga dan kehidupan adalah bahwa ada saatnya kita akan menjadi pemenang atau justru mengalami kekalahan. Namun, di setiap masa itu ada pelajaran yang dapat diambil. Kekalahan mendorong kita untuk menang, kemenangan mengajarkan kita untuk meningkatkan kemampuan.

Hal yang sama berlaku untuk wirausahawan, dan bagi siapa saja yang ingin meningkatkan kondisi apapun dalam hidup. Anda harus menyadari bahwa kekalahan adalah kondisi sementara. Setiap hari adalah kesempatan baru untuk belajar, tumbuh dan sukses. Hidup bukan masalah "memenangkan" segalanya, setiap hari. Kesuksesan sejati datang ketika Anda belajar dari kesalahan dan tumbuh melampaui itu.

7. Berhenti membandingkan diri sendiri

Atlet hebat telah belajar (mungkin dengan cara yang sulit) bahwa terus-menerus membandingkan diri sendiri dengan orang lain dapat mengacaukan mental Anda dan menyebabkan Anda kehilangan fokus. Perbandingan pada akhirnya dapat menurunkan performa.

Atlet yang baik akan memperbaiki keterampilan mereka dengan mengacu pada orang lain sebagai contoh untuk meningkatkan dan mempertajam kemampuan mereka. Namun, atlet hebat berusaha untuk naik di atas yang lain dan bersaing di level mereka sendiri.

Demikian pula, pengusaha yang paling sukses berusaha untuk menjadi yang terbaik, baik secara profesional maupun pribadi. Mereka mendefinisikan kesuksesan sebagai sesuatu yang dicapai secara independen.

Mereka tidak membiarkan diri mereka menjadi iri pada orang lain atau melihat kesuksesan orang lain sebagai sesuatu yang menahan mereka. Fokus pada diri Anda, serta pada impian dan tujuan Anda - itulah kunci utama menuju kesuksesan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nirmala Aninda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper