Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Locals Unite, Wadah Bagi UMKM Unjuk Gigi di Kancah Global

Kreator, pembuat, dan UKM, dapat bermitra satu dengan lainnya dan membuat karya mereka menjadi lebih besar dan lebih baik, serta memberikan kesempatan bagi anak bangsa untuk menunjukkan bakatnya kepada dunia.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 11 Juli 2020  |  10:03 WIB
Pengrajin menyelesaikan pembuatan alas sepatu di Jakarta, Jumat (17/1). Bisnis - Abdullah Azzam
Pengrajin menyelesaikan pembuatan alas sepatu di Jakarta, Jumat (17/1). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – Untuk mendukung brand-brand lokal Tanah Air dalam mengembangkan bisnis dan usahanya di tengah pandemi Covid-19 ini, produsen teh siap minum Tehbotol Sosro, meluncurkan gerakan LocalsUnite.

Para pemilik brand maupun creator muda tersebut dapat berkolaborasi dan sharing pengalaman dengan Tehbotol Sosro sebagai salah satu brand lokal yang sudah berkarya lebih dari 50 tahun sehingga mereka juga dapat menjadi ikon produk Indonesia selanjutnya.

Direktur Utama PT Sinar Sosro, Sukowati Sosrodjojo, menjelaskan setelah berkarya lebih dari 50 tahun, kini saatnya Tehbotol Sosro melanjutkan niat baiknya kepada masyarakat Indonesia dengan berbagi ilmu dan pengalaman yang sudah mereka jalani.

Tehbotol Sosro sendiri bukanlah brand yang langsung besar. Saat pertama kali memulai, Tehbotol Sosro hanyalah industri rumahan di Slawi, Jawa Tengah. Tehbotol Sosro dapat sukses dan sebesar ini karena ketekunan pendiri perusahaan.

Direktur Pemasaran PT Sinar Sosro Sabrina Kharisanti mengatakan sejak awal pendiriannya, Tehbotol Sosro selalu memegang teguh nilai Filosofi ‘niat baik, hasil baik’. Atinya jika kita memperlakukan satu sama lain dengan baik, saling mendukung, dan menaburkan niat baik, maka niat baik itu akan memberikan hasil yang baik. “Hal ini terbukti benar,” ujarnya, Jumat (10/7/2020).

Untuk itulah, perusahaan kini ingin meneruskan niat baik tersebut kepada masyarakat Indonesia dengan meluncurkan gerakan yang akan memberikan dukungan penuh bagi merek lokal. Apalagi saat ini, bangsa Indonesia sedang menghadapi tantangan tak terduga akibat pandemi Covid-19.

“Kita harus tetap semangat apalagi tahun ini kita menyambut 75 tahun kemerdekaan Indonesia. Di masa yang penuh tantangan ini, Indonesia harus saling merangkul dan melakukan hal-hal dengan niat baik, salah satunya yang kami lakukan melalui gerakan Locals Unite,” jelasnya.

Sabrina mengatakan bahwa LocalsUnite mencakup tiga hal. Pertama, LocalsUnite sebagai gerakan yang dirancang untuk memberikan dukungan kepada kreator Indonesia yang memiliki ide orisinil dan inovatif di berbagai kategori, seperti makanan dan minuman, pakaian dan seni -- untuk membuat rangkaian produk baru yang dirancang untuk menarik anak muda Indonesia.

Kedua, LocalsUnite adalah wadah yang menyatukan merek-merek menjanjikan dan menunjukkan kemampuan mereka kepada Indonesia dengan berbagai cara. Hal tersebut akan menciptakan ekosistem dimana masyarakat dapat mendukung merek-merek ini.

Kreator, pembuat, dan UKM, dapat bermitra satu dengan lainnya dan membuat karya mereka menjadi lebih besar dan lebih baik, serta memberikan kesempatan bagi anak bangsa untuk menunjukkan bakatnya kepada dunia. “Sekarang adalah momentum yang tepat untuk menebar niat baik bagi merek-merek lokal yang memiliki potensi yang cemerlang,” ujarnya.

Semangat mengusung karya asli datang dari semangat Tehbotol Sosro yang terus mempertahankan 100% produksi sendiri dan 100% karya orang Indonesia. Semuanya dilakukan oleh orang Indonesia, untuk Indonesia. Karena itu, Tehbotol Sosro sangat menantikan kolaborasinya dengan para kreator muda yang memiliki ide orisinil dan kreatif, untuk memberikan karya asli yang terbaik.

LocalsUnite adalah sebuah kolaborasi yang saling memberi manfaat. Tehbotol Sosro dan para pencipta, inovator, dan wirausahawan muda dapat saling belajar dan saling mengisi.

“Dengan menyatukan pengalaman Tehbotol Sosro yang memiliki sejarah yang panjang dan cara berpikir anak muda yang inovatif, kami berharap Tehbotol Sosro dan merek-merek lokal dapat memberikan hasil kolaborasi yang dapat kita banggakan, setara atau bahkan lebih baik dari produk berstandar global.”

Dalam Locals Unite, para penggagas, kreator, dan UMKM bisa berkolaborasi dengan win-win collaborations. Mereka yang mempunyai ide-ide orisinal dan kreatif bisa bergabung dan bisa memanfaatkan dan menggunakan atribut atau produk Teh Botol Sosro dalam karya mereka.

"Nanti hasilnya 100 persen mereka yang menikmati dan mengomersialkan dan hasil penjualannya milik mereka. Teh Botol Sosro hanya akan membagikan atribut yang bisa dipakai dan kami akan berbagi pengalaman tentang teh, 50 tahun kami berusaha, dan mereka juga bisa sharing tentang pengalamannya kepada kami. Namun, yang terpenting adalah hasil komersialnya 100 persen milik mereka," tandasnya.

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis ukm
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top