Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kiat Co-Founder Travelio, Membesarkan Balita dan Startup di Masa Pandemi Covid-19

Dia juga tercatat berhasil menggalang dana sebesar US$18 juta di pendanaan Seri-B November lalu. Pendanaan dipimpin oleh Temasek Holding melalui Pavilion Capital - dan dilakukan tepat sebelum terjadinya pandemi COVID-19.
Co-Founder & COO Travelio, Christie Tjong
Co-Founder & COO Travelio, Christie Tjong

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah pandemi virus corona yang tengah terjadi di Indonesia, menjadi tantangan semua industri bisnis di tanah air.

Co-Founder & COO Travelio, Christie Tjong, punya trik khusus untuk mengelola perusahaannya itu.

“Membesarkan startup itu hampir mirip seperti menyuapi balita, harus diawasi setiap menitnya.”

Namun demikian, ia berhasil membuktikan kemampuannya dalam ‘menyuapi’ high-growth startup dan kedua balitanya di saat yang bersamaan.

Dia juga tercatat berhasil menggalang dana sebesar US$18 juta di pendanaan Seri-B November lalu. Pendanaan dipimpin oleh Temasek Holding melalui Pavilion Capital - dan dilakukan tepat sebelum terjadinya pandemi COVID-19.

“Saat pandemi global melanda, masyarakat kembali memprioritaskan kebutuhan dasarnya. Makanan jelas adalah kebutuhan dasar, dan kami sadar akan kekuatan digitalisasi-supply chain kami, maka kami cepat bertindak. Layanan TravelioMart akhirnya tersedia, bukan hanya untuk para penyewa apartemen saja namun sesuai kapabilitas kami yaitu dapat menyasar ke target audiens yang lebih luas,” kata Christie.

Sebagai ibu, naluri Christie tentunya untuk selalu memastikan kesehatan si kecil, maka belanja di luar rumah bukan keputusan yang tepat di masa seperti ini. Namun sayangnya, banyak kendala saat berbelanja lewat platform e-grocery, misalnya pilihan bahan makanan yang masih sangat terbatas.

“TravelioMart hadir untuk memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat. Sehingga, saat Anda tinggal di apartemen kami, Anda tidak hanya mengenal kami sebagai penyedia platform, namun sebagai rumah yang juga menyediakan segala kebutuhan Anda,” kata Christie. COO berusia 32 tahun ini menyatakan bahwa TravelioMart menyeleksi supplier secara ketat, untuk memastikan terjaminnya kualitas & kesegaran bahan-bahan yang dijual.

Salah satu karakteristik startup, terutama yang masih di tahap awal, yaitu kurangnya corporate infrastructure. Hal tersebut memaksa para founders untuk menjalankan beberapa peran secara sekaligus - dan merangkap setara dengan lima orang. Sebagai COO, Christie tidak hanya harus mengenali satu-persatu komponen ‘mesin’ nya, namun juga harus memastikan semuanya berjalan dengan baik.

Ia menceritakan betapa beratnya tanggung jawab yang diemban setelah berhasil menggalang dana, karena ia harus langsung membangun ‘infrastruktur’ yang mumpuni untuk mencapai target-target yang diberikan oleh investor.

Para founders menjadi semakin proaktif seiring diluncurkannya lini bisnis, produk, layanan, maupun infrastruktur baru untuk bisa scale up sebesar dua, tiga, atau bahkan berkali-kali lipat setelah berhasil mendapatkan pendanaan baru.

Meski begitu, memainkan beberapa peran secara sekaligus bukanlah sesuatu yang baru bagi COO dan ibu dari anak 1 dan 4 tahun itu. “Memainkan peran sebagai COO, istri, bahkan ibu secara sekaligus tentu memerlukan dedikasi yang sangat tinggi. Dulu saya sempat mengira jika saya fokus secara penuh ke salah satunya, yang lainnya pasti akan terabaikan. Namun saya sadar bahwa kata ‘terabaikan’ itu tidak akan muncul ketika saya mendedikasikan diri ke ketiganya - yang hanya dapat dicapai jika saya bisa mengatur waktu dengan baik,” ujar Christie.

Berbagai keterbatasan telah membuatnya lebih efisien dalam manajemen waktu, karena ia mengerti apa saja tuntutan di setiap peran. Sebagai gantinya, hal tersebut membentuk pola pikir Christie untuk menjadi semakin gesit dalam mengambil keputusan. “Saya sangat mempercayai kalimat ‘speed outweighs perfection.’ Percaya atau tidak, itulah rahasia kami dalam membesarkan Travelio hingga saat ini, khususnya untuk bisa survive di masa pandemi. Kami tidak hanya cepat untuk menyadari kegagalan, kesalahan, maupun inefisiensi, namun juga untuk menindak-lanjutinya,” tuturnya.

Kemampuan beradaptasi dan keinginan untuk selalu belajar hal baru adalah dua nilai kunci yang telah lama tertanam dalam budaya tim manajemen Travelio - terbukti dari seberapa cepat mereka bereaksi dan beradaptasi selama terjadinya pandemi.

Jajaran pendiri Travelio terdiri dari dua Co-Founders perempuan (Christie Tjong & Christina Suriadjaja) dan satu Co-Founder laki-laki (Hendry Rusli). Travelio adalah satu dari sedikit perusahaan bermodalkan dana dari venture capital yang berhasil menggalang dana besar dan bertumbuh setelah melewati tahap pendanaan Seri B - dengan mayoritas perempuan di tim manajemennya.

Travelio adalah startup penyewaan apartemen terbesar Indonesia yang memegang lebih dari 5.000 kontrak manajemen eksklusif, dengan aset kelolaan di atas US$350 juta.

Di bulan Mei 2020, Travelio meluncurkan layanan tambahan e-groceries - TravelioMart, menyediakan ratusan produk segar & FMCG dari petani, produsen, dan importir untuk kebutuhan para penyewa apartemen sekaligus seluruh penduduk Jakarta tanpa harus keluar rumah.

Pada awalnya, TravelioMart ingin dihadirkan sebagai layanan komplementer untuk para penyewa apartemen. Ide ini sudah muncul sejak akhir 2019, namun pandemi memberikan momentum yang tepat untuk bisnis e-groceries - sehingga TravelioMart segera diluncurkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper