Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Selain Zoom, Ini Lima Aplikasi yang Dukung Remote Working

Untuk mendukung wor from home (WFH), dibutuhkan aplikasi video conference yang mampu menghubungkan seluruh karyawan baik untuk meeting dan presentasi.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 28 Juli 2020  |  12:55 WIB
Karyawan beraktivitas di sebuah gedung perkantoran di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (18/3/2020). Berdasarkan data Pemprov DKI Jakarta hingga Rabu (18/3), sebanyak 21.589 orang dari 220 perusahaan telah melaksanakan bekerja di rumah atau Work from Home (WFH). - ANTARA FOTO - Wahyu Putro A
Karyawan beraktivitas di sebuah gedung perkantoran di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (18/3/2020). Berdasarkan data Pemprov DKI Jakarta hingga Rabu (18/3), sebanyak 21.589 orang dari 220 perusahaan telah melaksanakan bekerja di rumah atau Work from Home (WFH). - ANTARA FOTO - Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi covid-19 telah mengubah berbagai tatanan kehidupan masyarakat di seluruh dunia, termasuk cara bekerja. Bila dulu, bekerja secara remote hanya dilakukan oleh beberapa jenis bidang usaha saja, tetapi kini, hampir semua perusahaan dari berbagai bidang usaha mampu mengaplikasikan cara kerja jarak jauh.

Untuk mendukung proses kerja tersebut, dibutuhkan aplikasi video conference yang mampu menghubungkan seluruh karyawan baik untuk meeting, presentasi, maupun mengontrol karyawan yang bekerja dari rumah. Berikut lima aplikasi video conference yang dapat digunakan untuk membantu kerja jarak jauh atau remote working:

1. Zoom

Zoom cloud Meetings atau zoom merupakan salah satu layanan aplikasi video conference yang paling populer selama masa Pandemi Covid-19 untuk mendukung kerja jarak jauh atau saat bekerja dari rumah (work from home).

Aplikasi ini memiliki kualitas penayangan video yang jernih dan High Definition (HD) yang bisa digunakan secara bersama-sama oleh 1000 orang atau partisipan sekaligus. Namun, fitur tersebut hanya untuk yang berlangganan paket Enterprise Plus dengan taris US$19,99 per bulan.

Meski demikian, Zoom juga bisa digunakan secara gratis dengan partisipan maksimal 100 orang dan group meeting maksimal 40 menit. Zoom gratisan juga sudah cukup mendukung video conference jarak jauh karena dapat digunakan multiplatform, memiliki resolusi HD, mendukung tampilan screen sharing, serta suara dan video yang dapat direkam. Menariknya lagi di zoom meeting ini, peserta dapat mengubah background atau latar belakang.

2. Google Hangout Meet

Aplikasi video conference dari Google ini merupakan pengembangan versi bisnis dari Google Hangouts yang dirancang untuk organisasi atau perusahaan dalam berbagai ukuran. Seperti halnya zoom, Google Meet juga dapat digunakan melalui mobile maupun desktop.

Google Hangouts Meet dapat digunakan secara gratis untuk 25 peserta dengan durasi rapat 60 menit, tetapi jika ingin menggunakan untuk perusahaan atau anggota yang lebih banyak, bisa menggunakan paket G suite yang dimulai dari US$6 hingga US$25 per bulan.

Selain mengundang peserta, Google Meets juga dapat dibagikan kepada lebih dari 100.000 penonton secara live streaming dan menyimpan rekaman online meeting ke dalam Google Drive secara gratis. Tidak hanya GDrive, Google Meets juga terintegrasi dengan semua layanan Google  seperti Gmail dan Calendar sehingga memudahkan untuk berbagi data.

3. Skype

Skype merupakan salah satu aplikasi yang cukup populer untuk panggilan video dan audio antara dua orang atau lebih. Di masa pandemi ini, Skype banyak digunakan untuk kebutuhan video conference perusahaan melalui salah satu versinya, yakni Skype Business.

Perbedaan antara Skype dan Skype Business adalah jumlah peserta yang dapat bergabung di dalamnya. Jika Skype hanya bisa untuk forum kecil dengan jumlah peserta kurang dari 25 orang dan dapat digunakan secara gratis, maka Skype for Business dapat dimanfaatkan untuk pertemuan yang lebih besar berkapasitas hingga 250 peserta untuk rapat online.

Selain itu, Skype for Business memiliki sejumlah fitur tambahan seperti hasil konferensi yang dapat direkam, disimpan, dan dibagikan hingga 30 hari. Host juga dapat mengelola akun karyawan dan mengintegrasikannya ke dalam aplikasi office.

4. Microsoft Teams

Microsoft Teams bisa menjadi salah satu pilihan yang dapat memperlancar aktivitas bekerja jarak jauh. Microsoft Team sendiri merupakan salah satu aplikasi bagian dari Microsoft 365 sehingga terintegrasi dengan berbagai aplikasi lainnya seperti Word, Excel, PowerPoint, dan One Note yang dapat diakses secara real tim.

Microsoft Teams juga tersedia dalam versi gratis dan berbayar untuk perangkat Windows, Android, dan IOS. Bagi yang tidak berlangganan Office 365, Microsoft memiliki versi gratis Teams yang dapat diunduh sebagai layanan mandiri.

Untuk versi gratisnya, peserta bisa melakukan panggilan audio dan video, berbagi file dan layar, serta dapat terintegrasi dengan dokumen office secara real time. Semantara itu, untuk paket berlangganan mulai dari US$8 per bulan, mendapatkan dukungan tambahan konferensi video hingga 250 peserta dan acara langsung hingga 10.000 orang.

5. CloudX

Salah satu layanan aplikasi meeting online produksi dalam negeri adalah CloudX dari Telkomsel. merupakan layanan komunikasi terintegrasi berbasis cloud yang menyedia fitur seperti CloudX Meeting. Untuk mendukung sistem kerja remote maupun work from home, pelanggan korporat yang menjadi host meeting bisa menikmati bebas biaya berlangganan dan kuota internet selama satu bulan untuk mengakses CloudX Meeting sebesar 60 GB.

Sementara itu, semua pelanggan yang menjadi peserta meeting bisa memperoleh kuota 30 GB untuk akses ke meeting hanya dengan Rp10. Penawaran paket ini hanya diberikan kepada pelanggan prabayar yaitu Simpati, Kartu As, dan Loops, serta pascabayar KartuHalo.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aplikasi Work From Home pandemi corona Zoom Video Communications
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top