Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

7 Karakter Wirausaha yang Dicari Investor

CEO Marty Zwilling Inc. itu menemukan bahwa sebagian besar wirausahawan merasa sulit untuk menjadi Elon Musk atau Bill Gates berikutnya.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 28 Juli 2020  |  15:19 WIB
Ilustrasi wirausaha
Ilustrasi wirausaha

Bisnis.com, JAKARTA -- Sebagai angel investor untuk perusahaan rintisan, Marty Zwilling percaya bahwa investor yang cerdas akan berinvestasi lebih banyak pada karakter seseorang sebagai wirausahawan daripada ide miliaran dolar yang mereka ajukan.

CEO Marty Zwilling Inc. itu menemukan bahwa sebagian besar wirausahawan merasa sulit untuk menjadi Elon Musk atau Bill Gates berikutnya.

"Saya tidak hanya memberikan kata-kata, tetapi contoh bagaimana kebiasaan dan perilaku Anda dapat memberikan hasil, bahkan sebelum startup Anda dimulai," ujarnya seperti dikutip melalui Business Insider, Selasa (28/7).

Dalam pengalamannya, membangun bisnis lebih tentang mendapatkan hasil daripada memiliki mimpi atau keterampilan teknis yang tepat.

Sebagai investor, hal yang ingin mereka lihat dan dengar dari para wirausaha adalah tekad, sikap pantang menyerah, dan fokus yang memisahkan wirausahawan luar biasa dari 90% lainnya yang akhirnya gagal atau menyerah dalam menghadapi tantangan besar yang dihadapi setiap bisnis baru.

Atribut dan pola pikir pribadi berikut akan meyakinkan investor yang cerdas untuk percaya bahwa Anda dapat merealisasikan bisnis serta ideyang Anda ajukan:

1. Tunjukkan pencapaian-pencapaian sebelumnya

Sekalipun Anda masih bersekolah dan belum pernah memulai perusahaan sebelumnya, calon wirausahawan yang kuat dapat menyoroti pencapaian mereka dari proyek-proyek kecil yang mereka rintis atau pimpin. Pendiri perusahaan sukses seperti Bill Gates dan Mark Zuckerberg selalu memiliki proyek berjalan dan bahkan putus sekolah untuk memulai bisnis besar mereka.

2. Buat target yang lebih tinggi pada proposal bisnis

Saat ini, pelanggan berharap untuk mendengar dan melihat nilai sosial dan lingkungan dari bisnis baru, bukan hanya dari teknologi baru atau keuntungannya saja. Tentu saja, investor ingin melihat peluang yang menarik secara finansial dan proyeksi cuan, tetapi mereka juga menginginkan pengusaha yang selangkah lebih maju.

3. Berikan contoh tekad dan proses pemecahan masalah Anda

Jalan sebuah startup menuju bisnis yang sukses sangat panjang, dengan banyak hal yang baru untuk diatasi. Bahkan jika Anda tidak memiliki bisnis sebelumnya untuk dijadikan referensi, kaitkan contoh-contoh kemampuan pemecahan masalah Anda dan tekad dalam konteks lain. Sorot pertumbuhan Anda dan pembelajaran yang berkelanjutan.

4. Demonstrasikan model bisnis serta ketajaman teknis

Banyak calon wirausahawan yang begitu fokus pada teknologinya, sehingga mereka tidak menunjukkan minat atau pemahaman yang dapat dipercaya tentang keuangan dan metrik pertumbuhan bisnis. Hal ini dapat dikurangi dengan bekerjasama dengan mitra yang memiliki keterampilan pelengkap yang diperlukan dan fokus untuk menyeimbangkan kemampuan masing-masing.

Sebelum mencari investor, Anda atau mitra perlu menunjukkan pemahaman tentang implikasi penilaian startup, proyeksi pendapatan, titik impas, dan ROI. Proposal dengan ide terbaik sekalipun akan ditolak jika hal ini diabaikan.

5. Praktekkan keterampilan komunikasi dan menyimak yang sangat baik

Kemampuan menyampaikan pesan Anda secara efektif melalui proses storytelling dan terminologi yang jelas adalah kunci, tidak hanya dalam meyakinkan investor, tetapi juga dalam menarik pelanggan, vendor, dan mitra bisnis. Pengusaha besar tahu cara mendengarkan dan belajar secara efektif, serta paham cara berbicara.

6. Pertahankan perspektif positif, bahkan pada pesaing

Pengusaha besar tidak pernah menjatuhkan pesaing mereka, dan memiliki pandangan positif pada semua tantangan di depan. Mereka memposisikan pesaing sebagai basis untuk keunggulan ide mereka, dan indikasi permintaan pasar yang ada.

7. Tunjukkan kredibilitas sebagai pemberi pengaruh dan pemimpin di industri

Sebagai seorang wirausahawan, Anda harus mampu menghadapi pandangan yang berbeda dan pada akhirnya membangun hubungan sosial yang solid guna mendukung upaya Anda. Ceritakan bagaimana Anda bisa memimpin tim dan secara positif memengaruhi organisasiagar selaras dengan keyakinan Anda. Kepemimpinan lebih sulit dari pada menemukan ide bisnis.

Sebagai seorang investor, Zwilling.telah melihat ratusan ide inovatif muncul, tetapi jarang dia melihat seorang pengusaha bercita-cita tinggi yang menunjukkan karakter yang diuraikan di sini atau yang dapat meyakinkan dirinya bahwa mereka bisa menjadi Steve Jobs atau Jeff Bezos berikutnya.

"Saya mendorong Anda untuk memperhatikan bagaimana karakter dan perilaku Anda dengan rekan-rekan dan orang-orang dalam bisnis. Sikap Anda mungkin menjadi rintangan terbesar untuk kesuksesan bisnis Anda sendiri," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wirausaha pengusaha
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top