Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertimbangkan Tujuh Hal Ini Sebelum Pindah Karir

Jika Anda berencana untuk resign dan beralih pekerjaan, maka cari tahu apa yang anda inginkan di pekerjaan baru.
Ilustrasi/Popsugar
Ilustrasi/Popsugar

Bisnis.com, JAKARTA – Setiap orang memiliki rencana karirnya masing-masing. Namun sayang, tak semua orang dapat mewujudkan impian tersebut. Beberapa diantaranya memulai pekerjaan hanya untuk bekerja, ada pula yang bekerja karena adanya ikatan atau karena tidak mendapatkan kesempatan bekerja di tempat yang dia inginkan.

Kondisi ini membuat banyak orang yang pada akhirnya harus bekerja dan melakukan pekerjaan yang tidak mereka sukai dan tidak sesuai dengan pekerjaan impiannya. Padahal, sebuah survei menyebutkan bahwa rata-rata orang menghabiskan 90.000 jam hidupnya untuk bekerja.

Artinya, jika harus bekerja di tempat yang tidak diinginkan, maka seseorang tersebut harus menghabiskan banyak waktu untuk melakukan suatu yang tidak disukai. Kondisi ini yang akhirnya membuat seseorang berpikir untuk berpindah karir dan menemukan sesuatu yang menarik dan sesuai dengan keinginannya.

Namun, sebelum melakukan perubahan besar tersebut, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan seperti dikutip dari indiatimes.com.

1. Temukan passion Anda

Hal pertama yang paling penting saat hendak beralih pekerjaan adalah mengetahui apa passion Anda, apa yang paling Anda sukai, dan 100% membuat Anda tertarik.

Sesuatu yang membuat Anda merasa bahwa “ini dia pekerjaan yang aku inginkan.” Namun, untuk benar-benar mengetahuinya, Anda mungkin harus pindah karir. Anda dapat mencari berbagai informasi dengan orang-orang yang bekerja di bidang impian Anda sebelum Anda untuk memastikan untuk pindah pekerjaan.

2. Temukan visi anda

Sebelum Anda beralih dalam karier, temukan terlebih dahulu visi Anda, dan apa yang diinginkan dalam beberapa tahun ke depan. Adanya visi yang jelas ini akan membantu Anda mengambil semua langkah yang diperlukan tanpa terburu-buru.

3. Apa yang anda inginkan

Membuat pergantian karier tidak ada bedanya dengan mengubah pekerjaan. Hanya karena Anda pikir Anda ingin beralih karier, bukan berarti Anda siap untuk itu.

Jika Anda memiliki teman yang telah beralih karir, Anda mungkin ingin duduk bersama mereka dan membicarakan prosesnya, apa yang mereka lalui selama pergantian, apa rintangan yang mereka hadapi, seterusnya dan sebagainya.  Hal Ini akan memberi Anda ide yang lebih jelas tentang apa yang diharapkan ketika Anda akan beralih.

4. Siapa yang akan membantu Anda

Setiap orang membutuhkan dorongan atau support sistem yang benar-benar mendukungnya ketika harus membuat keputusan profesional yang besar.

Anda mungkin ingin beralih karier, tetapi Anda juga harus memiliki kontak di bidang impian Anda, teman-teman yang akan mendukung Anda dalam keputusan Anda, sebuah keluarga yang akan mendorong Anda untuk mengejar karir impian. Apa yang harus dilakukan untuk mencapai impian Anda?

5. Apa yang harus dilakukan untuk mencapai impian

Berpindah karier bukanlah sesuatu yang mudah karena memakan waktu dan melalui berbagai proses. Anda harus berpikir dengan kepala dingin ketika ingin mencapai impian tersebut. Anda harus yakin dengan keputusan tersebut, tak peduli berapa lama waktunya.

Jika Anda mulai menyerah dalam beberapa hari atau bulan, ini menunjukkan bahwa Anda tidak benar-benar siap untuk pergantian karier. Konsisten dengan pilihan untuk menemukan pekerjaan impian Anda, berusahalah untuk itu dengan semangat yang sama setiap hari, melakukan kontak, berbicara dengan orang-orang profesional yang dapat membantu Anda mendapatkan visi yang lebih jelas menuju peralihan karier.

6. Perhatikan CV Anda

Anda mungkin melamar pekerjaan impian dengan proses yang sama seperti yang dilakukan saat pertama kali menemukan pekerjaan. Namun, sudahkah Anda menyoroti keterampilan yang benar untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda?

Jika resume tidak menjelaskan jenis keterampilan khusus yang Anda gambarkan, orang-orang di luar sana tidak akan pernah menganggap Anda sebagai kandidat potensial. Jadilah sangat spesifik tentang keterampilan Anda, bidang minat Anda dan Anda akan diperhatikan lebih cepat daripada nanti.

7. Yakinkan diri

Jika Anda 100 persen yakin ingin beralih karir tetapi tetap ragu untuk bertemu orang baru atau pergi untuk berbagai wawancara, mungkin Anda tidak akan pernah bisa mendapatkan impian Anda.

Satu cara pasti untuk menemukan apa yang benar-benar Anda sukai adalah dengan bersosialisasi. Bertemu orang-orang baru di bidang yang Anda minati, berjejaring dengan para profesional yang tepat, menjalani berbagai wawancara adalah cara Anda membantu diri sendiri membuat perubahan besar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper