Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sempat Tutup Saat Pandemi, Wanita Ini Sukses Jual Jajanan Khas Lombok Via Online

Di masa pandemi ini saya makin mengasah kemampuan digital marketing dan memanfaatkan Google Bisnisku dengan mengubah akunnya yang semula Warung Makan Bu Ida sebagai penjual nasi goreng menjadi Bingka Kentang Lombok agar lebih spesifik dan mudah ditemui,
Juraida, penjual nasi goreng di SDN 01 Meninting, Kabupaten Lombok Barat
Juraida, penjual nasi goreng di SDN 01 Meninting, Kabupaten Lombok Barat

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak Maret 2020 mengharuskan anak-anak untuk belajar dari rumah sehingga sekolah otomatis tidak di buka. Kondisi ini ikut memengaruhi para penjual yang biasa berjualan di sekitar sekolah.

Salah satunya, Juraida, penjual nasi goreng di SDN 01 Meninting, Kabupaten Lombok Barat yang sudah menjalankan usahanya sejak 6 tahun lalu. Adanya pandemic ini membuatnya tak lagi dapat berjualan sehingga Ida harus kehilangan salah satu mata pencahariannya.

Namun, karena suaminya sudah lama sakit dan dua anaknya harus dibiayai, Ida yang kini menjadi tulang punggung keluarga harus memutar otak. Dia pun lantas berpikir untuk berjualan Bingka Kentang Lombok dengan memanfaatkan barang yang sudah tersedia di rumah, yaitu cetakan kue terang bulan.
Karena penjualannya tidak bisa dilakukan secara offline, wanita berusia 49 tahun ini kemudian semakin memaksimalkan penjualan secara online yang sudah dipelajarinya sejak November 2019 melalui kelas Women Will di Kota Mataram, NTT.

“Di masa pandemi ini saya makin mengasah kemampuan digital marketing dan memanfaatkan Google Bisnisku dengan mengubah akunnya yang semula Warung Makan Bu Ida sebagai penjual nasi goreng menjadi Bingka Kentang Lombok agar lebih spesifik dan mudah ditemui,” ujarnya.

Selain itu, untuk lebih menarik minat pelanggan, dia pun membuat business site gratis dan mencantumkan banyak foto agar tampilannya menjadi lebih menarik, termasuk memberikan informasi bisnis yang lebih jelas dan lengkap.
Dengan memanfaatkan penjualan secara online, bisnis yang dijalankan Ida kian berkembang. Apalagi banyak fitur yang bisa dimanfaatkan sehingga membantu bisnisnya terus bertumbuh. Salah satunya laporan setiap bulan dari Google Bisnisku yang memberikan informasi mengenai data statistic pengunjung setiap bulannya.

“Kini, para pelanggan yang menghubungi saya lewat online, alhamdulillah selalu order berulang. Selain mendapatkan pelanggan tetap dari online, kini saya sudah kembali berjualan offline di Pasar Gunung Sari, Lombok Barat,” terang wanita kelahiran Sekadau, Kalimantan Barat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper