Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sempat Tutup Saat Pandemi, Wanita Ini Sukses Jual Jajanan Khas Lombok Via Online

Di masa pandemi ini saya makin mengasah kemampuan digital marketing dan memanfaatkan Google Bisnisku dengan mengubah akunnya yang semula Warung Makan Bu Ida sebagai penjual nasi goreng menjadi Bingka Kentang Lombok agar lebih spesifik dan mudah ditemui,
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 11 Agustus 2020  |  14:34 WIB
Juraida, penjual nasi goreng di SDN 01 Meninting, Kabupaten Lombok Barat
Juraida, penjual nasi goreng di SDN 01 Meninting, Kabupaten Lombok Barat

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak Maret 2020 mengharuskan anak-anak untuk belajar dari rumah sehingga sekolah otomatis tidak di buka. Kondisi ini ikut memengaruhi para penjual yang biasa berjualan di sekitar sekolah.

Salah satunya, Juraida, penjual nasi goreng di SDN 01 Meninting, Kabupaten Lombok Barat yang sudah menjalankan usahanya sejak 6 tahun lalu. Adanya pandemic ini membuatnya tak lagi dapat berjualan sehingga Ida harus kehilangan salah satu mata pencahariannya.

Namun, karena suaminya sudah lama sakit dan dua anaknya harus dibiayai, Ida yang kini menjadi tulang punggung keluarga harus memutar otak. Dia pun lantas berpikir untuk berjualan Bingka Kentang Lombok dengan memanfaatkan barang yang sudah tersedia di rumah, yaitu cetakan kue terang bulan.
Karena penjualannya tidak bisa dilakukan secara offline, wanita berusia 49 tahun ini kemudian semakin memaksimalkan penjualan secara online yang sudah dipelajarinya sejak November 2019 melalui kelas Women Will di Kota Mataram, NTT.

“Di masa pandemi ini saya makin mengasah kemampuan digital marketing dan memanfaatkan Google Bisnisku dengan mengubah akunnya yang semula Warung Makan Bu Ida sebagai penjual nasi goreng menjadi Bingka Kentang Lombok agar lebih spesifik dan mudah ditemui,” ujarnya.

Selain itu, untuk lebih menarik minat pelanggan, dia pun membuat business site gratis dan mencantumkan banyak foto agar tampilannya menjadi lebih menarik, termasuk memberikan informasi bisnis yang lebih jelas dan lengkap.
Dengan memanfaatkan penjualan secara online, bisnis yang dijalankan Ida kian berkembang. Apalagi banyak fitur yang bisa dimanfaatkan sehingga membantu bisnisnya terus bertumbuh. Salah satunya laporan setiap bulan dari Google Bisnisku yang memberikan informasi mengenai data statistic pengunjung setiap bulannya.

“Kini, para pelanggan yang menghubungi saya lewat online, alhamdulillah selalu order berulang. Selain mendapatkan pelanggan tetap dari online, kini saya sudah kembali berjualan offline di Pasar Gunung Sari, Lombok Barat,” terang wanita kelahiran Sekadau, Kalimantan Barat ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top