Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Literasi Kepemimpinan dalam Lead The Fest 2020

Festival ini menyoroti pentingnya pemimpin yang literate (cerdas dan berpengetahuan) dalam berbagai sektor dan skala organisasi dari regional, nasional hingga internasional.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 18 Agustus 2020  |  15:02 WIB
Lead the fest 2920
Lead the fest 2920

Bisnis.com, JAKARTA - Pemimpin.id menyelenggarakan Lead The Fest 2020, sebuah festival tahunan yang bertujuan merayakan kepemimpinan Indonesia dengan tema literasi kepemimpinan.

Festival ini menyoroti pentingnya pemimpin yang literate (cerdas dan berpengetahuan) dalam berbagai sektor dan skala organisasi dari regional, nasional hingga internasional.

“Potensi Indonesia yang luar biasa besar saat ini belum diimbangi dengan ketersediaan pemimpin yang berkualitas. Negara ini kekurangan banyak sekali pemimpin, dan diperlukan upaya dari berbagai stakeholder untuk bersama menciptakan pemimpin indonesia yang siap membawa negara ini menjadi negara maju pada tahun 2045 kelak”, kata Chief Executive Officer PemimpinID, Dharmaji Suradhika dalam siaran persnya.

Dia menjelaskan Lead The Fest adalah salah satu dari upaya PemimpinID dalam berperan aktif meningkatkan awareness dan kapasitas kepemimpinan Indonesia.
Rangkaian acara yang berlangsung sejak bulan Juli ini diawali dengan penerjemahan 1.000 ringkasan buku kepemimpinan berbahasa inggris kedalam Bahasa Indonesia. Kegiatan ini dilakukan oleh 1000 relawan yang tersebar di berbagai provinsi tanpa dibayar sepeserpun.

Hasil terjemahan yang berbentuk materi digital akan didistribusikan kepada kontributor daerah, perpustakaan dan rumah baca di seluruh tanah air, dan akan diteruskan melalui gerakan sosial berkesinambungan bernama www.wikilead.com.

Kegiatan berlanjut di Bulan Agustus dengan menyelenggarakan 22 webinar selama 7 hari nonstop, mengundang narasumber dan tokoh bangsa untuk membahas berbagai masalah literasi dan kepemimpinan.

Bekerjasama dengan 300 lebih kontributor daerah, festival ini dibuka oleh Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman yang membahas visi SDM Unggul Indonesia Maju dan terus bergulir dengan berbagai topik menarik seperti literasi pada figur publik bersama Chelsea Islan, Aulion dan Willy Winarko (The Rap Up Indonesia); kepemimpinan di sektor privat bersama Batara Sianturi dan Nanang Chalid, kepemimpinan di sektor publik bersama Kuntoro Mangkusubroto dan Yanuar Nugroho, literasi para tokoh bangsa bersama Yenny Wahid, Meutia Hatta dan Ilham Habibie, serta kepemimpinan digital bersama Randy Jusuf (CEO Google Indonesia) dan Alfatih Timur (CEO Kitabisa).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dalam kesempatan ini mengatakan, kalau harus memilih pemimpin, pilihlah pemimpin yang mendisrupsi bukan yang terdisrupsi. Pemimpin yang melakukan perubahan tanpa kekerasan.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan,” The best leadership is leadership by example. Berikan keteladanan, bagaimana menghargai orang hingga gestur kita. Karena Indonesia akan jadi luar biasa kalau dipimpin oleh orang-orang luar biasa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

leadership kepemimpinan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top