Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tiga Cara Agar Bisnis Tetap Tumbuh di Masa Pandemi

Para pelaku usaha harus dapat lebih kreatif untuk melihat peluang di balik pandemi ini sehingga bisnis yang dilankan dapat bertahan bahkan berkembang, alih-alih membahayakannya.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 01 September 2020  |  20:34 WIB
Ilustrasi inovasi
Ilustrasi inovasi

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemic Covid-19 memunculkan ketidakpastian dalam setiap lini kehidupan, termasuk dalam dunia bisnis.

Para pelaku usaha harus dapat lebih kreatif untuk melihat peluang di balik pandemi ini sehingga bisnis yang dilankan dapat bertahan bahkan berkembang, alih-alih membahayakannya.

Berikut tiga cara yang dapat dilakukan oleh para pelaku usaha untuk terus bertumbuh pada masa pandemi ini, seperti dikutip dari forbes.com.

1. Terus Berinvestasi pada Diri Sendiri

Sebagai pemilik bisnis, Anda perlu untuk terus bertumbuh dan belajar. Salah satunya dengan mengikuti berbagai kursus, pelatihan, atau seminat untuk memperdalam keahlian yang dimiliki. Pelatihan tersebut merupakan investasi penting yang perlu terus diikuti oleh para pemilik usaha, tidak peduli di level apa Anda saat ini, melanjutkan pendidikan merupakan kunci penting dalam mengembangkan bisnis.

Selain itu, cara berinvestasi lainnya pada diri sendiri adalah dengan menjaga kesehatan. Seba, semakin sehat Anda secara fisik maka akan semakin baik pula kinerja Anda secara mental dan dalam bisnis. Lebih dari 90% serotonin (neurotransmitter yang mengatur kesejahteraan) dibuat di usus.

Laura Hernandez, pemilik True Colon Hydrotherapy Spa, berbagi bagaimana jika ada keterputusan antara "dua otak" kita (otak dan usus yang sebenarnya), konsekuensinya adalah masalah pencernaan kita akan berdampak pada kesehatan kita secara keseluruhan, seperti suasana hati, kejernihan mental , harga diri, produktivitas dan kehidupan sehari-hari. Konsekuensi ini kemungkinan besar berdampak pada bisnis dan keuangan kita.

2. Berbagi Ilmu Kepada Orang Lain dan Berinovasi

Tak heran bila di dalam bisnis segala hal perlu ditransaksikan, tetapi Anda juga tidak boleh meremehkan efek dari berbagi. Tak sedikit pelaku usaha yang membagikan konten mengenai cara mengelola bisnis melalui berbagai media social untuk dibagikan kepada khalayak secara gratis sehingga masyarakat dapat sama-sama belajar bersama Anda.
Salah satu contohnya seperti yang dilakukan oleh Le Clinique Esthetic & Spa, spa lokal yang sering berbagi konten inspiratif kepada para audiensnya melalui media social dan youtube mengenai informasi dan tips pendidikan harian.
“Pemiliknya, Mariela Torres, berbagi dengan saya bahwa mereka juga mulai menawarkan konsultasi online pribadi melalui pesan langsung Instagram, sehingga pelanggan tidak perlu datang langsung. Inilah definisi dedikasi, nilai, kreativitas dan inovasi. Saya menemukan diri saya selaras dengan budaya, ide, dan nilai inti mereka dengan klien mereka,” ujar penulis.

3. Perkaya Pengetahuan dan Temukan Kembali Diri Anda

Ini mungkin terdengar membingungkan atau kontradiktif dengan apa yang dikatakan banyak orang, yaitu fokus pada apa yang Anda kuasai dan lakukan hal itu. Namun, Anda juga dapat memanfaatkan keragaman latar belakang dan ilmu yang Anda miliki, itu sangatlah berharga.
“Saya secara pribadi telah menerapkan keterampilan terjemahan saya untuk menjangkau audiens dwibahasa, keterampilan komunikasi saya untuk memimpin seminar dan webinar, dan keahlian keuangan saya untuk meluncurkan konten pendidikan secara online,” tuturnya.
Demikian pula, Ana Patricia Gámez, pembawa acara TV Univision yang memiliki toko butik online. Baru-baru ini, dia berbagi dengan bagaimana selama Maret ketika Covid-19 menjadi pandemic, semua berjalan begitu lambat.
Namun April menjadi bulan terbaiknya dalam pendapatan penjualan sejauh ini. Dia mencapai ini dengan menemukan kembali bisnisnya, dia memperkuat kekuatan inovasi dan kreativitas. Mengubah lini usahanya dengan membuat desain masker penuh mode yang berbeda dan menawarkannya di butik online-nya.
Latar belakangnya dalam pemodelan, fesyen, penjualan, dan sebagai influencer media sosial memungkinkan butiknya mencapai rekor penjualan saat ia memanfaatkan keragaman keterampilan dan latar belakangnya. Kemampuan Ana untuk menggabungkan semua pengalaman sebelumnya dan menerapkannya pada bisnisnya saat ini adalah kuncinya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top