Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Cara Mengelola Uang Bulanan Selama Pandemi

Apakah Anda tidak bisa mengatur pengeluaran atau terlalu boros selama pandemi virus corona?
Tips Keuangan. /Bisnis.com
Tips Keuangan. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Semua orang tentu mengalami kesulitan mengelola keuangan bahkan orang yang bergaji jutaan rupiah. Maka dari itu keahlian mengelola keuangan perlu dipelajari sejak dini dan keahlian ini akan berguna seumur hidup.

Afifa  Direktur Interim Presiden Direktur PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) mengatakan bahwa bagi anak muda yang perlu dipersiapkan untuk mengelola keuangan adalah meluangkan waktu untuk mendata keuangannya.

“Anda bisa mendata pemasukan, pengeluaran  rutin, pengeluaran tidak terduga. Anda juga harus membuat tujuan keuangan, bisa juga dengan mulai menabung untuk dana darurat. Pengeluaran harus diperhatikan juga, sesuaikan gaya hidup kita dan tahan rasa ingin pamer yang akhirnya membuat kita terjerat ke dalam masalah keuangan,” ujarnya dalam Webinar MAMI, Sabtu (19/9/2020).

Dia menambahkan ada 3 kata kunci untuk mengelola keuangan, yakni Insaf, Irit dan Invest. Insaf adalah mengerti kondisi keuangan Anda, Irit adalah tidak boros dalam melakukan pengeluaran dan invest yang mana menyisihkan keuangan untuk ditabung untuk berbagai tujuan.

“Ada beberapa kunci untuk irit. Seperti lawan peer pressure, hindari kebiasaan makan mewah, bedakan keinginan dan kebutuhan, manfaatkan promo atau diskon pelajar, buat budgeting dan patuhi budgeting tersebut,” tuturnya.

Terdapat juga beberapa platform gratis yang disediakan di smartphone yang bisa digunakan untuk mencatat pengeluaran dan penerimaan Anda, dengan mencatat ini semua maka akan terlihat gaya keuangan Anda dan Anda bisa belajar dari apa yang sudah dicatatkan. Apakah pengeluaran terlalu boros, apakah terlalu sering membeli kopi di kedai mahal?

Untuk tabungan, Anda bisa menabung minimal 10 persen terlebih dahulu baru menggunakan uangnya untuk kebutuhan lain. Biasakan menyisihkan sebagian uang Anda untuk menabung maka uang ini nantinya akan menyelamatkan Anda.

“Kunci dari investasi adalah Anda bisa menyimpan sebagian uang Anda untuk ditabung, pahami kekuatan bunga majemuk dan pelajari opsi menabung dan investasi.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper