Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Cara Mengelola Uang Bulanan Selama Pandemi

Apakah Anda tidak bisa mengatur pengeluaran atau terlalu boros selama pandemi virus corona?
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 19 September 2020  |  11:33 WIB
Tips Keuangan.  - Bisnis.com
Tips Keuangan. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Semua orang tentu mengalami kesulitan mengelola keuangan bahkan orang yang bergaji jutaan rupiah. Maka dari itu keahlian mengelola keuangan perlu dipelajari sejak dini dan keahlian ini akan berguna seumur hidup.

Afifa  Direktur Interim Presiden Direktur PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) mengatakan bahwa bagi anak muda yang perlu dipersiapkan untuk mengelola keuangan adalah meluangkan waktu untuk mendata keuangannya.

“Anda bisa mendata pemasukan, pengeluaran  rutin, pengeluaran tidak terduga. Anda juga harus membuat tujuan keuangan, bisa juga dengan mulai menabung untuk dana darurat. Pengeluaran harus diperhatikan juga, sesuaikan gaya hidup kita dan tahan rasa ingin pamer yang akhirnya membuat kita terjerat ke dalam masalah keuangan,” ujarnya dalam Webinar MAMI, Sabtu (19/9/2020).

Dia menambahkan ada 3 kata kunci untuk mengelola keuangan, yakni Insaf, Irit dan Invest. Insaf adalah mengerti kondisi keuangan Anda, Irit adalah tidak boros dalam melakukan pengeluaran dan invest yang mana menyisihkan keuangan untuk ditabung untuk berbagai tujuan.

“Ada beberapa kunci untuk irit. Seperti lawan peer pressure, hindari kebiasaan makan mewah, bedakan keinginan dan kebutuhan, manfaatkan promo atau diskon pelajar, buat budgeting dan patuhi budgeting tersebut,” tuturnya.

Terdapat juga beberapa platform gratis yang disediakan di smartphone yang bisa digunakan untuk mencatat pengeluaran dan penerimaan Anda, dengan mencatat ini semua maka akan terlihat gaya keuangan Anda dan Anda bisa belajar dari apa yang sudah dicatatkan. Apakah pengeluaran terlalu boros, apakah terlalu sering membeli kopi di kedai mahal?

Untuk tabungan, Anda bisa menabung minimal 10 persen terlebih dahulu baru menggunakan uangnya untuk kebutuhan lain. Biasakan menyisihkan sebagian uang Anda untuk menabung maka uang ini nantinya akan menyelamatkan Anda.

“Kunci dari investasi adalah Anda bisa menyimpan sebagian uang Anda untuk ditabung, pahami kekuatan bunga majemuk dan pelajari opsi menabung dan investasi.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

keuangan tips keuangan pandemi corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top