Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

7 Alasan Pengusaha Baru Harus Jual Buku Bekas Secara Online

Anda memiliki potensi untuk menghasilkan lebih dari yang Anda dapatkan di kebanyakan pekerjaan dan Anda bisa menjadi bos bagi diri sendiri.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 22 September 2020  |  15:22 WIB
Ilustrasi entrepreneur
Ilustrasi entrepreneur

Bisnis.com, JAKARTA -- Menjadi wirausaha itu keren.

Anda memiliki potensi untuk menghasilkan lebih dari yang Anda dapatkan di kebanyakan pekerjaan dan Anda bisa menjadi bos bagi diri sendiri.

Tidak ada orang yang mengintip dari balik bahu, meremehkan pekerjaan Anda, dan yang paling penting tidak ada orang yang sibuk memberi tahu apa yang harus dilakukan setiap saat, setiap hari.

Kewirausahaan sedang meningkat. Pada 2015, ada 27 juta orang Amerika yang memulai atau menjalankan bisnis baru dan jumlah itu terus bertambah.

Pertanyaannya adalah: Berapa banyak yang benar-benar menghasilkan keuntungan dan berapa banyak yang justru kehilangan tabungan mereka?

Austin Lawson, atau yang dikenal The Combat Entrepreneur, merekomendasikan setiap pengusaha baru menjual buku bekas secara online sebagai bisnis pertama mereka.

"Setiap dolar yang saya keluarkan selama beberapa tahun pertama hanya sia-sia, dan saya khawatir ada persentase yang signifikan dari 27 juta orang yang berada di posisi yang sama persis dengan saya bertahun-tahun lalu," katanya, seperti dikutip melalui Entrepreneur , Selasa (22/9).

Menjual buku adalah cara sempurna untuk mendapatkan pengetahuan agar berhasil meluncurkan bisnis nyata - tanpa menghabiskan bertahun-tahun gagal terlebih dahulu. Inilah alasannya:

1. Modal rendah. Buku bekas itu murah dan jumlah uang yang Anda berisiko sangat sedikit.

2. Menggunakan platform e-commerce memungkinkan Anda diperkenalkan dengan sistem peringkat dan algoritme yang serupa dengan apa yang mungkin Anda alami di mesin pencari seperti Google.

3. Anda akan mempelajari dan mencari tahu strategi dan metode untuk mencari dan memilih buku dengan peringkat penjualan tertentu dan margin keuntungan minimum.

4. Bisnis ini adalah pengantar yang bagus untuk akuntansi bisnis. Anda akan memiliki kesempatan untuk mempelajari dan melacak keuntungan, kerugian, inventaris, dan bahan bekas yang diperlukan untuk pengiriman.

5. Pelanggan selalu benar, jadi Anda akan memantau dan mempelajari ulasan dan umpan balik pelanggan dan bagaimana hal itu memengaruhi kinerja Anda secara keseluruhan pada platform pihak ketiga. Selain itu, Anda akan belajar bagaimana menangani keluhan pelanggan dan pengembalian pelanggan.

6. Anda akan merasakan bagaimana kinerja berbagai jenis buku pada platform yang berbeda dan seiring waktu Anda akan mengembangkan strategi dan kriteria yang akan menentukan buku mana yang akan didaftarkan pada platform mana dan buku mana yang harus terdaftar di lebih dari satu.

7. Faktor terpenting: Ini sebenarnya bisnis yang sangat menguntungkan dan dapat diskalakan.

Meskipun ini bukan usaha bisnis paling menarik di pasaran saat ini, ini adalah sesuatu yang dapat Anda mulai dengan mudah sekarang. Selama tahun depan Anda dapat belajar tentang bisnis, pasar online, dan mulai mendapatkan pengetahuan yang diperlukan untuk membangun sesuatu yang benar-benar berharga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pengusaha tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top