Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kewirausahaan Amerika Meningkat di Tengah Pandemi

Ekonomi AS sedang tertekan saat ini, tetapi ada juga harapan. Di mana ada peluang kewirausahaan, selalu ada alasan untuk menjadi seseorang optimistis.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 12 Oktober 2020  |  19:49 WIB
Ilustrasi entrepreneur
Ilustrasi entrepreneur

Bisnis.com, JAKARTA -- Setiap hari, orang Amerika terbangun dengan proyeksi pesimistis tentang pandemi Covid-19 dan pertumbuhan ekonomi yang tertekan.

Di sepanjang jalan, Anda pasti akan menemui bisnis yang tutup atau pekerja yang menganggur.

Ekonomi AS sedang tertekan saat ini, tetapi ada juga harapan. Di mana ada peluang kewirausahaan, selalu ada alasan untuk menjadi seseorang optimistis.

Optimisme ini dapat dilihat pada banyak orang Amerika yang merangkul gaya hidup wirausahawan saat ini, memanfaatkan peluang yang diciptakan oleh pandemi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Menurut Wall Street Journal, permohonan nomor identifikasi pemberi kerja baru (employer identification numbers/EIN) yang dibutuhkan pemilik usaha kecil telah melampaui 3,2 juta pada tahun 2020 — naik dari 2,7 juta pada periode yang sama tahun lalu.

Tentu saja, ini bukan hanya pencipta pekerjaan, angka 3,2 juta termasuk pekerja lepas dan kontraktor independen lainnya.

Bahkan tanpa mencantumkan para pekerja tersebut, pengajuan baru di kalangan pemilik usaha kecil yang cenderung mempekerjakan orang lain masih mencapai 1,1 juta bulan lalu.

"Itu merupakan peningkatan 12% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Lebih mengejutkan, itu adalah jumlah aplikasi EIN tertinggi sejak 2007 — sebelum Resesi Hebat," seperti dikutip melalui Catalyst, Senin (12/10)

31 juta bisnis kecil di Amerika merupakan penggerak terhadap hampir setengah dari seluruh aktivitas ekonomi AS. Nominal produk domestik bruto (PDB) bisnis kecil Amerika mencapai sekitar US$6 triliun atau lebih dari seluruh PDB Jepang, ekonomi terbesar ketiga di dunia.

Terlepas dari ancaman keamanan finansial saat ini, ratusan ribu pengusaha mencoba peruntungan pada kepemilikan usaha kecil di tengah situasi yang tidak dapat diprediksi.

Bukan tidak mungkin jika salah satu pengusaha yang mengambil risiko pada tahun 2020 akan memimpin Facebook atau Google berikutnya.

Mungkin, salah satu wirausahawan akan mempekerjakan 50.000 pekerja dalam satu dekade ke depan, memberikan keluarga mereka keamanan finansial yang tidak akan mungkin terwujud tanpa adanya risiko pandemi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wirausaha pebisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top