Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

3 Langkah Membuka Kembali Bisnis Kecil Pasca Pandemi

Di awal tahun 2020, banyak pengusaha yang menyambut dekade baru dengan pandangan yang positif. Mereka yakin dengan prospek keuangan dan keamanan ekonomi mereka. Sekarang, banyak yang mengungkapkan prediksi yang kurang optimis.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 14 Oktober 2020  |  20:07 WIB
Ilustrasi UKM
Ilustrasi UKM

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketika perusahaan kembali membuka pintunya setelah pandemi, bisnis kecil tetap berada di posisi yang tidak stabil dan harus menyeimbangkan kebutuhan untuk meningkatkan penjualan dengan mendapatkan kembali kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

Saat ini, sebagian besar rencana pembukaan kembali bisnis kecil tidak begitu jelas.

Di awal tahun 2020, banyak pengusaha yang menyambut dekade baru dengan pandangan yang positif. Mereka yakin dengan prospek keuangan dan keamanan ekonomi mereka. Sekarang, banyak yang mengungkapkan prediksi yang kurang optimis.

Bagi kebanyakan pengusaha, keuntungan memiliki bisnis sendiri lebih besar daripada risikonya.

Tetapi memiliki bisnis membutuhkan sumber daya, dan banyak bisnis akan membutuhkan bantuan eksternal untuk tetap bertahan dan tidak bangkrut.

Berikut adalah 3 langkah yang dapat Anda lakukan untuk masuk kembali ke pasar pasca pandemi berdasarkan praktik terbaik, seperti dikutip melalui Business 2 Community, Rabu (14/10).

1. Mulai dengan engagement

Berinteraksi dengan orang-orang terdekat Anda, dan berempati dengan pekerja dan klien. Beberapa perusahaan telah membuat rencana konkret untuk membuka kembali, tetapi banyak pekerja enggan meninggalkan rumah untuk bekerja.

Selain itu, calon pelanggan mungkin memiliki reservasi untuk mengunjungi bisnis Anda secara langsung. Merek modern harus mendapatkan kembali kepercayaan pelanggan mereka dengan memelihara hubungan antara klien dan pekerja.

Mungkin berguna untuk meminta umpan balik kepada karyawan dan klien Anda tentang seperti apa bayangan mereka tentang proses memulai kembali yang sukses.

2. Bersiaplah

Dalam waktu dekat, masyarakat akan terus menggunakan alat pelindung diri (APD), seperti masker, pelindung wajah, sarung tangan, kaca mata, dan alat pelindung diri lainnya.

Perusahaan yang telah memperkirakan hal ini kemungkinan besar akan membuka kembali bisnis lebih cepat. Dulunya, APD banyak diminati oleh petugas kesehatan, tetapi sekarang APD diminati oleh semua orang.

Pemilik bisnis harus siap menyediakan APD yang cukup untuk melindungi tim dan klien mereka. Setiap pemilik bisnis harus melatih staf mereka untuk menggunakan APD dengan benar dan terlibat dengan klien dengan aman.

3. Susun rencana

Perusahaan harus mempertimbangkan faktor-faktor berikut dalam rencana pembukaan kembali pasca pandemi:

- Tentukan aktivitas sehari-hari dalam kerangka yang ditentukan. Ini berlaku untuk segala hal mulai dari cara staf bekerja hingga berapa banyak APD yang perlu dipesan oleh pemilik usaha kecil.

- Merevisi inventaris dan item menu Anda. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk memperbarui inventaris Anda atau memberikan perubahan pada penawaran menu Anda, dan memutuskan item mana yang akan diperkenalkan kepada klien.

- Bersiaplah untuk memantau kesehatan karyawan Anda. Bergantung pada sifat bisnis Anda, Anda dapat memilih untuk memeriksa suhu tubuh tim dan klien Anda, memberikan penutup wajah, dan menetapkan pedoman jarak sosial.

- Tentukan aturan Anda dan patuhi. Beberapa industri memiliki persyaratan khusus yang harus diikuti saat membuka kembali setelah penguncian.

- Gunakan liburan musim gugur untuk mengoptimalkan pembukaan kembali Anda, dengan penawaran khusus dan tema musiman.

Sebagian besar pemilik usaha kecil telah menghadapi tantangan untuk mendukung karyawan dan pelanggan mereka selama periode penguncian.

Anda dapat meningkatkan peluang untuk sukses membuka kembali dengan berfokus pada kebutuhan staf dan pelanggan Anda, dan memanfaatkan acara musiman.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ukm tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top