Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

3 Hal Penting yang Dipertimbangkan Jeff Bezos Sebelum Mempekerjakan Seseorang

Untuk melawan ketidakpastian, maka pendiri Amazon mengacu pada fakta bahwa mereka harus selalu meningkatkan standar perekrutan.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 23 Oktober 2020  |  13:27 WIB
Pendiri dan CEO Amazon.com Inc. Jeff Bezos - Bloomberg
Pendiri dan CEO Amazon.com Inc. Jeff Bezos - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA -- Apakah Anda ingin bekerja di Amazon atau mempelajari tentang sumber daya manusia pendirinya?

Dilansir melalui Entrepreneur, salah satu karyawan pertama perusahaan mengatakan dalam sebuah wawancara tahun 1999 bahwa Jeff Bezos bertugas mewawancarai kandidat dan bahwa orang ini harus meningkatkan standar perekrutan untuk pelamar berikutnya.

Namun, jadwal Bezos menjadi lebih berat dengan pertumbuhan perusahaannya dan tentunya dia tidak lagi bertanggung jawab atas sumber daya manusia perusahaan, tetapi melalui surat yang ditulis pada tahun 1998, dia menjelaskan standar perekrutan yang tinggi yang harus dimiliki dan tiga pertanyaan kunci untuk pelamar.

Menurut Tom Popomaronis, dalam sebuah artikel untuk CNBC, meskipun pertanyaan-pertanyaan ini ditulis 22 tahun yang lalu, konteksnya tidak lekang oleh waktu dan harus dipertimbangkan oleh semua orang, perekrut dan kandidat.

Dalam rapat perekrutannya, Bezos akan meminta karyawannya untuk menjawab tiga pertanyaan tentang kandidat sebelum mengambil keputusan:

1. Apakah Anda mengagumi orang ini?

“Jika Anda berpikir tentang orang-orang yang dikagumi dalam hidup Anda, mereka mungkin orang yang dapat memberikan contoh atau pelajaran berharga. Bagi saya, saya selalu berusaha untuk hanya bekerja dengan orang yang saya kagumi, dan saya mendorong orang-orang di sini untuk menuntut hal yang sama. Hidup terlalu singakt untuk melakukan sebaliknya,” kata Bezos dalam suratnya.

2. Akankah orang ini meningkatkan rata-rata tingkat efektivitas tim?

“Kami ingin melawan ketidakastian. Standar harus naik terus menerus. Saya meminta orang untuk memvisualisasikan perusahaan 5 tahun dari sekarang. Pada saat itu, kita masing-masing harus melihat sekeliling dan berkata, "Standar sekarang sangat tinggi, Nak, saya senang saya masuk ketika saya melakukannya!"

Di bagian ini, pendiri Amazon mengacu pada fakta bahwa mereka harus selalu meningkatkan standar perekrutan.

3. Di bidang apa orang ini bisa menjadi superstar?

“Banyak orang memiliki keterampilan, minat, dan perspektif unik yang memperkaya lingkungan kerja kita semua. Seringkali itu adalah sesuatu yang bahkan tidak berhubungan dengan pekerjaan mereka." Hal ini harus menjadi perhatian pengusaha untuk meningkatkan kualitas lingkungan kerja.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

karyawan perekrutan amazon.com
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top